BRI Berperan Aktif Majukan Perekonomian Warga Desa di Bengkulu

BRI Berperan Aktif Majukan Perekonomian Warga Desa di Bengkulu

 

Radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Desa Arga Jaya, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu adalah salahsatu desa yang sukses menjadi percontohan BRI atau Desa BRIlian. Desa yang dulu memiliki kondisi yang terbatas, kini mampu mengubah pola ekonomi masyarakat sehingga mampu terlepas dari kemiskinan. Bahkan saat ini Desa Arga Jaya sudah memiliki beberapa unit usaha yang dijalankan oleh masyarakat.

Sementara itu, Biro Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Arga Jaya Adam Damiri menjelaskan, sebelumnya Desa Arga Jaya memiliki kondisi yang serba terbatas, lokasi yang cukup jauh dan pembiayaan yang minim membuat desa ini cukup memprihatinkan.

Diterangkan dia, sebelum mengenal BRILink banyak masyarakat di wilayahnya harus keluar desa menempuh jarak agak jauh saat ingin transfer uang dan mengambil uang di bank. Namun, lanjut dia, semenjak adanya layanan dari agen BRIlink menjadi angin segar bagi warga desa.

"Jadi dengan adanya BRIlink masyarakat desa tidak repot lagi jika ingin bertransaksi. Termasuk semua unit usaha dari Bumdes Arga Jaya terintegrasi secara tidak langsung ke BRI," jelasnya, Senin (14/3).

Dibagian lain, Mantri BRI unit Ipuh, Mukomuko, Bengkulu Eko Supriyanto mengatakan, kehadiran agen BRILink membawa dampak positif dalam pengelolaan keuangan masyarakat desa Arga Jaya. Saat ini terdapat satu agen BRIlink yang bekerja sama membantu warga desa.

"Agen BRIlink menjadi solusi bagi masyarakat untuk dapat layanan perbankan tanpa kantor terutama nasabah kami yang letaknya jauh dari kantor unit ataupun yang terkendala waktu, dalam bertransaksi tanpa harus terikat jam pelayanan nasabah," terangnya.

Ditambahkan, kehadiran agen BRIlink di Desa Arga Jaya membantu warga agar proaktif dalam setiap kegiatan di Bumdes. Salahsatunya, melibatkan warga di beberapa unit usaha yang dimiliki Bumdes.

Saat ini masyarakat juga diajarkan untuk berbisnis dan terlibat langsung dalam pengelolaan bisnis, seperti membuka warung, membuat usaha penjualan dan lainnya.

"Saat ini Desa Arga Jaya memiliki beberapa unit usaha, salahsatunya Wahana air Kolam renang dan Waterboom yang dikelola BUMDes Arga Jaya," terangnya.

Menurutnya, masyarakat dengan adanya BUMDes menjadi agen BRIlink dimudahkan dalam proses pembayaran sehingga masyarakat tidak antre lagi.

"Selain itu, agen BRIlink juga memudahkan masyarakat untuk melakukan simpan pinjam," jelasnya.

Ditambahkan, dari setiap usaha yang dilakukan BUMDes Arga Jaya yang bekerja sama dengan agen BRIlink, akhirnya masyarakat bisa hidup lebih sejahtera. Tak hanya itu, kini Desa Arga Jaya juga telah memetik hasil dari yang sudah dituainya selama bertahun-tahun dengan menjadi salahsatu pemenang dalam kompetisi Desa BRIlian BRI pada tahun 2021 lalu. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: