BRI Gelar Pelatihan dan Pendampingan Desa BRILian

BRI Gelar Pelatihan dan Pendampingan Desa BRILian

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Guna mewujudkan digitalisasi desa, Bank BRI bekerjasama dengan Bumdes.id melakukan pelatihan dan pendampingan terhadap 15 desa pemenang lomba desa BRILian BRI Batch 3 secara online melalui zoom meeting.

Sementara itu, satu-satunya desa BRILian di Provinsi Bengkulu terpilih yang mengikuti pendampingan dan pelatihan yakni Desa Arga Jaya, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Dijelaskan Biro Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Arga Jaya, Desa Arga Jaya, Adam Damiri, pelatihan dan pendampingan yang diberikan BRI dan Bumdes.id yakni terkait tata kelola administrasi BUMDes dan SOP alur bisnis BUMDes.

"Dalam pelatihan via zoom meeting tersebut pengisi pelatihan SOP berdiskusi tentang unit usaha BUMDes Arga Jaya dan unit usaha yang aktif, serta memberikan saran pengembangan unit usaha BUMDes," ungkap Biro Keuangan BUMDes Arga Jaya, Desa Arga Jaya, Adam Damiri, Selasa (15/3).

Menurut Adam, pendampingan dan pelatihan yang diberikan oleh BRI dan Bumdes.id sangat penting dan bermanfaat bagi pengembangan unit usaha BUMDes Arga Jaya kedepannya. "BRI ingin mewujudkan digitalisasi Desa BRILian melalui pelatihan dan pendampingan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Arga Jaya, Tugiran menjelaskan, Desa Arga Jaya sukses menjadi salah satu pemenang Desa BRILian mewakili BRI Kanwil Lampung dengan unit usaha unggulan BUMDes yakni Wahana air kolam renang dan Waterboom yang dikelola BUMDes Arga Jaya.

Ditambahkan Tugiran, ada 328 desa se Indonesia yang mengikuti lomba Desa BRILian. Peserta tersebut lalu mengikuti seluruh proses rangkaian acara yang berlangsung kurang lebih selama 3 bulan. Mulai dari zoominar, kemudian pengiriman dokumen-dokumen desa serta Bumdes, pembuatan video, pembuatan inovasi desa dan lainnya.

"Selama tiga bulan tim Desa Arga Jaya dan BUMDes Arga Jaya menyiapkan seluruh data, dokumen, video dan lain-lain. Keterbukaan desa, digitalisasi, sinergitas lembaga desa, serta inovasi menjadi penilaian penting dalam lomba. Setelah dilakukan penilaian, kita dinyatakan terpilih salah satu Desa BRILian," jelasnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: