Optimalisasi Potensi Bisnis Ekonomi Desa, BRI Gelar Gathering

Optimalisasi Potensi Bisnis Ekonomi Desa, BRI Gelar Gathering

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - PT.Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Curup, Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Business Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022. Kegiatan ini diselenggarakan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu, Kepala Cabang BRI Curup David A Saxono menjelaskan, kegiatan Business Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022 ini dalam rangka Optimalisasi potensi Bisnis Ekonomi Desa dan mendorong mewujudkan pertumbuhan Bisnis Mikro yang berkelanjutan tahun 2022.

Selain itu, kegiatan ini untuk menggerakkan BRI agar strategi penggalian potensi di wilayah binaan BRI Unit lebih maksimal. Selain membina hubungan baik dengan para pelaku yang berperan untuk menciptakan proses bisnis yang berkesinambungan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kolaborasi dan membangun sinergitas antara BRI Cabang Curup dengan Pemkab Rejang Lebong sehingga terjalinnya kerjasama yang berkesinambungan untuk membangun Indonesia dari desa," jelasnya, Senin (21/3).

Dalam kegiatan Business Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022, Kepala Cabang BRI Curup juga memperkenalkan beberapa program BRI, antara lain Pojok Mantri Desa (PMD) yaitu instrumen kerjasama untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi antara Pemerintah Desa, BRI dan Pelaku Usaha Mikro.

Ditambahkan, saat ini pelaku usaha dapat mengajukan kredit melalui Agen Brilink pilihan atau yang disebut Mitra Ultra Mikro.

"Bank BRI saat ini dalam melayani nasabah juga berkolaborasi dengan dua lembaga keuangan yang besar yaitu Pegadaian dan PNM yang telah diakusisi oleh Bank BRI," jelasnya.

Dibagian lain, ia berharap agar Pojok Mantri Desa bisa berlangsung dengan efektif dengan diberikannya tempat atau ruang di kantor desa untuk mendukung percepatan pembentukan kluster-kluster usaha demi terciptanya ekosistem ekonomi mikro di desa yang dapat di kembangkan melalui marketplace bahkan ke pasar ekspor internasional.

Selain para kepala unit dan mantri, kegiatan Business Gathering Ekosistem Desa juga diramaikan para pelaku UMKM, perwakilan BUMDes, kepala pasar dan ketua cluster usaha.

"Semoga kita bisa semakin meningkatkan kinerja market share mikro BRI Kantor Cabang Curup di tahun 2022," harapnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: