Kodim 0428/Mukomuko Matangkan Persiapan TMMD

Kodim 0428/Mukomuko Matangkan Persiapan TMMD

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Pada tahun 2022 ini, Komando Distrik Militer (Kodim) 0428/Mukomuko akan melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Dalam kegiatan operasi Bhakti TNI ini, Kodim bekerjasama dengan Pemkab Mukomuko, akan membangun badan jalan baru di Desa Sidodadi, Kecamatan Sungai Rumbai.

"Saya sudah melaporkan dan memaparkan mengenai rencana giat TMMD ini, dan sudah disetujui pimpinan. Hari ini, kita laksanakan rapat koordinasi teknis atau briefing. Tujuannya tidak lain untuk mempertajam persiapan. Siapa akan melakukan apa, kapan, dan dimana. Setelah ini kita tinggal kerja," sampai Dandim 0428/Mukomuko, Letkol. Czi. Rinaldo Rusdy, S.IP, Rabu (6/4) di aula Makodim saat menyampaikan sambutan.

Dijelaskannya, badan jalan baru yang akan dibangun dalam kegiatan TMMD mendatang sepanjang 4.000 meter dengan lebar 8 meter. Dari panjang ruas jalan itu, ada 1 jembatan dan 4 gorong-gorong yang juga sekaligus dibangun untuk menunjang fungsi jalan tersebut.

"Dalam proses perencanaan pembangunan badan jalan baru ini, kita intens diskusi dengan Pemkab, khususnya Dinas PUPR. Kami menyampaikan keinginan bagaimana jalan yang dibangun di TMMD nanti bisa dibangun berkelanjutan. Maka hasil kesepakatan, lebar jalan dibuat 8 meter. Nanti bisa didaftarkan istilahnya, ke depan bisa ditingkatkan, dilakukan pengerasan dan seterusnya," papar Dandim.

Sasaran TMMD Kodim Mukomuko ini tidak hanya kegiatan fisik. Beberapa kegiatan non fisik juga akan dilaksanakan. Diantaranya, penyuluhan bela negara, penyuluhan narkoba, penyuluhan hukum dan Kamtibmas.

Kemudian, bersama OPD terkait juga akan dilaksanakan penyuluhan pertanian, penyuluhan stunting dan pelayanan KB gratis, hingga nanti kegiatan penanganan Covid-19. "Nanti rencananya kita akan memutar film bernuansa perjuangan. Montir bersama masyarakat sekitar kegiatan TMMD," paparnya lagi.

Ditambahkan Letkol Rinaldo, pertengahan April 2022 pra TMMD sudah dilaksanakan, dan pada tanggal 24 April kegiatan TMMD akan dibuka secara resmi. Pelaksanaan kegiatan-kegiatan TMMD, baik kegiatan fisik maupun non fisik dilaksanakan selama 45 hari kedepan setelah dibuka secara resmi. "Kami berharap apa yang telah direncanakan bisa berjalan lancar. TMMD 113 tahun 2022 ini berjalan baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Kami juga mohon dukungan semua pihak," demikian Dandim.

Plt. Kepala Dinas PUPR Mukomuko, Ruri Irwandi, ST., MT dalam rapat menegaskan, mengenai anggaran kegiatan TMMD ini tidak ada lagi kendala. Hanya saja, dalam waktu dekat tinggal penyelesaian administrasi kebirokrasian antara Pemkab Mukomuko dengan Kodim 0428. "Anggran tidak ada kendala sesuai dengan yang disetujui DPRD dalam APBD 2022. Tapi, ada beberapa penandatangan bersama nanti antara Pemkab dengan Kodim. Dalam waktu dekat ini bisa kita laksanakan tinggal kita sesuaikan dengan waktu Pak Bupati," kata Ruri.

Kadis Pertanian, Apriansyah, ST., MT dalam rapat menyatakan siap mendukung kegiatan TMMD, khususnya bidang non fisik penyuluhan pertanian. Kata Apriansyah, ia siap menerjunkan personelnya untuk memberi penyuluhan pertanian kepada masyarakat sekitar kegiatan. "Tinggal waktu dan tempat nanti kita matangkan dan kami siap koordinasi lebih lanjut," sampainya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: