Sampah Menjadi Sumber PAD Kota Bengkulu

Sampah Menjadi Sumber PAD Kota Bengkulu

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Komisi II DPRD kota merupakan mitra dari dinas lingkungan hidup kota Bengkulu, salah satunya ya kita mengawasi masalah pengelolanan sampah kota yang sampai saat ini masih menjadi PR (pekerjaan rumah ) Besar buat kita semua.

Wakil Ketua Komisi II DPRD kota Bengkulu Pudi Hartono mengatakan sampai saat ini permasalahan sampah kerap dan sering kali di bicarakan dan menjadi msalah buat pemerintah kota'' dari salah satu rujukan perda di kota ini ada 2 perda yaitu perda no 2 dan perda no 5 tahun 2011 tentang retribusi sampah. ternyata sampah merupkan sah satu penyumbang PAD di kota Bengkulu. kita lihat dari tahun lalu trget PAD sampah ini tercapat, jadi disamping kita mengelola sampah juga menghasilkan PAD,'' Jelas Pudi.

Berberapa waktu lalu kita sudah hering dengan dinas Lingkungan Hidup kota. dari hering tersebut ada berberapa titik-titik pengambilan sampah itu medanya berat , kemudian ada juga petugas tidak selalu stanbay dan juga permasalahan armada.

''ya bukannya masalah itu saja namun ternyata LH kota sudah menerapak bank sampah di berberap daerah di kota Bengkulu, dimana sebelum masyarakat membuang sampah ke tempat pembuangan sampah, masyarakat terlebih dulu memilah sampah yang pantas dibuang dan yang bisa di olah kembali seperti sampah organik dan non organik,'' paparnya.

kalo kita analisa vokume sampah dari masyarakat dari tahun ke tahun kan selalu bertambah dan meningkat, seminya juga seiring dengan populasi masyarakat juga ikut meningkat.'' Untuk saat ini kan ada 2 pola yang dilakukan dalam pengelolaan sampah yaitu satu dikelola oleh LH kota dan satu lagi oleh LPM tiap Kelurahan,''katanya.

kita sangat berharapa dengan kondisi terkini bisa saling bahu-membahu bekerjasama untuk pengolahan sampah sampai pemerintah medapatkan cara yang efisiensi.(ae3/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: