Sejak Awal Ramadan Banyak Warga Bengkulu Gadai Barang

Sejak Awal Ramadan Banyak Warga Bengkulu Gadai Barang

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Sejak memasuki bulan Ramadan 1443 Hijriah terjadi peningkatan gadai barang di Pegadaian Kantor Cabang Bengkulu.

Dikatakan Pemimpin Cabang Pagadaian Cabang Bengkulu, Yasrizal jika dibandingkan dengan bulan Maret 2022 lalu, bulan April yang juga bertepatan dengan Ramadan ini, terjadi peningkatan gadai barang sebesar 6-7 persen. "Untuk barang yang digadai, 90 persen itu masih didominasi oleh emas. Sisanya 10 persen ada kendaraan roda 2 kendaraan roda 4 dan barang-barang elektronik," ungkap Yasrizal.

Untuk jumlah emas dan perhiasan emas yang saat ini tergadai di Pegadaian Kantor Cabang Bengkulu saat ini diakui Yasrizal, kurang lebih ada sekitar 2.000 unit. Sedangkan untuk kendaraan roda 2 ada sebanyak 30 unit dan kendaraan roda 4 sebanyak 12 unit. "Ada juga barang-barang elektronik seperti televisi, handphone dan laptop yang jumlahnya sekitar 50 unit lebih," kata Yasrizal.

Namun Yasrizal memprediksikan sekitar H-7 lebaran mendatang, akan terjadi lonjakan penebusan barang gadai oleh masyarakat Bengkulu. Ini berdasarkan pengalaman Pegadaian Kantor Cabang Bengkulu di tahun-tahun sebelumnya. "Kalau sudah dekat lebaran itu kan biasanya Tunjangan Hari Raya (THR) sudah banyak cair. Belum lagi yang mau memakai barangnya seperti mobil, motor ataupun perhiasannya saat lebaran," ujar Yasrizal.

Sementara itu, untuk barang-barang yang digadai tersebut, diakui Yasrizal, pihaknya memberi jangka waktu selama 4 bulan untuk menebus. Jika tidak ditebus dalam jangka waktu tersebut, maka pihak Pegadaian akan melakukan lelang terhadap barang yang tidak tertebus itu.

"Atau bisa juga memperpanjang masa penebusan, yakni dengan membayar bunganya dulu, nanti akan diperpanjang kembali sampai 4 bulan kedepan," ungkap Yasrizal.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: