Rasulullah Janjikan Tempat Istimewa Bila Muslim Lakukan Ini

Rasulullah Janjikan Tempat Istimewa Bila Muslim Lakukan Ini

 

radarbengkuluonline.com, SURABAYA - Seminggu lagi, umat Islam akan menemui Idul Fitri 1443 H atau Lebaran. Pada sisa hari Ramadan, banyak amalan yang bisa dilakukan. Selain doa, Rasulullah SAW juga mengutamakan satu amalan untuk dilakukan jelang berakhirnya Ramadan. Amalan itu adalah mengutamakan dan memperhatikan anak yatim.

Kepala Lazisnu Jawa Timur Afif Amrullah mengatakan, amalan itu termaktub dalam HR Bukhari. Bahkan, amalan itu membuat Rasulullah SAW membuat janji pada umatnya. ”Islam mengajarkan agar peduli dengan anak yatim. Saking tingginya amalan ini, Rasulullah SAW menjanjikan siapapun yang peduli dan merangkul anak yatim akan dekat dengan Rasulullah SAW di surga kelak,” kata Afif saat ditemui pada Minggu (24/4).

Ia menceritakan, Rasulullah SAW menemukan ada anak yatim yang sedang bersedih hati. Anak yatim itu terlihat sedih pada hari Idul Fitri. ”Padahal kata Rasulullah SAW, semua umat muslim berbahagia dan senang hatinya saat Lebaran atau saat Idul Fitri,” tutur Afif.

Anak yatim itu pun didekati Rasulullah SAW. Kemudian, dia diangkat menjadi anak angkatnya. ”Tingginya amalan ini membuat siapapun yang menyayangi dan merangkul anak yatim, akan mendapatkan tempat tersendiri di samping Rasulullah SAW kelak,” jelas Afif.

Beberapa hal yang bisa dilakukan umat Islam pada penghujung Ramadan, di antaranya adalah memberikan hak-hak anak yatim. Seperti badan amil zakat yang menyalurkan zakat fitrah kepada anak yatim. ”Atau memberikan uang dan perhatian kepada anak yatim. Intinya, tidak meninggalkan anak yatim sendirian dalam kesedihan,” ujar Afif.

Hari ini (24/4), Lazisnu Jawa Timur mengajak 100 anak yatim berbelanja pakaian dan tas. Hal itu sebagai wujud perhatian pada anak yatim. ”Kami berharap ini membuat mereka lebih ceria. Bukan hanya memberikan uang, juga mengajak mereka berbelanja di salah satu mal di Surabaya,” terang Afif. (JP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: