Pemdes Kota Padang Lakukan Pembibitan Sayur

Pemdes Kota Padang Lakukan Pembibitan Sayur

radarbengkuluonline.com, MANNA - Penggunaan anggaran Dana Desa(DD) sebanyak 20 persen yang sudah diatur oleh Kementerian Desa untuk ketahanan pangan digunakan Pemerintah Desa Kota Padang untuk pembibitan sayur mayur. Ini nantinya akan dibagikan kepada setiap rumah, bukan berdasarkan jumlah kepala keluarga (KK).

Kepala Desa Kota Padang, Lipyan Syaharjoni mengatakan, pembibitan ini nantinya akan dilakukan oleh keder - kader yang ada di desa. Bahkan tempat pembibitannya sudah disediakan di samping Kantor Desa. "Untuk ketahanan pangan, ada sekitar 10 jenis tanaman yang akan kita lakukan pembibitan. Anatar lainnya pembibitan terong, cabe, tomat dan sebagainya sampai tumbuh dan siap ditanam. Nantinya akan kita bagikan kepada 150 rumah di desa Kota Padang,''ujar Lipyan saat dihubungi  radarbengkuluonline.com  di ruang kerjannya Senin (25/04).

Pembagian bibit ini akan dibagikan secara merata kepada seluruh rumah tanpa terkeculi. Baik itu masyarakat miskin maupun kaya.Tetapi bagi masyarakat yang mau menambah bibit apabila merasa kurang dari pembagian tersebut bisa langsung membeli ke pemerintah desa.

Semoga dengan tanaman yang akan dibagikan ini,masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya. Sehingga untuk kebutuhan sayur mayur tidak perlu lagi membeli ke pasar. Bahkan kalau masih ada yang merasa kurang, maka  biji pembibitan tersebut bisa saja dibagikan kepada masyarakat kalau ingin menanam di rumah sendiri.

"Untuk para kader yang akan melakukan pembibitan nanti, kita akan menyiapkan ahlinya dibidang pertanian untuk memberikan pelatihan selama tiga hari. Sehingga kader mengerti cara melakukan pembibitan yang bagus,"pungkas Lipyan.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: