Jokowi pun Ikut Mudik Lebaran 2022

Jokowi pun Ikut Mudik Lebaran 2022

Tujuannya Yogyakarta, Bukan ke Solo

radarbengkuluonline.com, JAKARTA - Mudik Lebaran 2022 kali ini, tidak hanya diikuti oleh masyarakat, tetapi juga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).  Jokowi memastikan ikut melakukan mudik pada Lebaran tahun 2022 ini.  Jokowi mengaku, akan berlebaran di Daerah Istimewa Yogyakarta. “Kalau saya mudik itu di Solo. Tapi saya enggak ke Solo. Saya ke Yogya,” kata Jokowi, Senin, 25 April 2022.

Jokowi juga menjelaskan, jika dirinya akan melaksanakan salat Id di Yogyakarta.  Hanya saja, setelah salat Id, Jokowi tidak melaksanakan halal bihalal.

Para pejabat juga kembai diingatkan agar tidak menggelar halal bihalal dan tidak menggelar acara yang mengumpulkan banyak orang.  "Halal bihalal terutama yang menyangkut banyak orang sebaiknya tidak dilaksanakan. Terutama untuk pejabat," katanya.

Jokowi juga menjelaskan, jika diperbolehkannya mudik Lebaran karena situasi yang mulai membaik.  Hanya saja, saat ini bukan berarti masyarakat sudah bebas dari Pandemi Covid-19. Karena pemerintah belum menetapkan status endemi.  "Kasus harian sudah sangat rendah. Karenanya mudik kita perbolehkan. Tetapi tetap harus hati-hati," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengatakan, jika transisi dari pandemi ke endemi harus dilakukan secara hati-hati.  “Mudik kita perbolehkan karena melihat angka-angka kasus harian sudah sangat rendah,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowu tidak ingin terburu-buru seperti negara lain yang cepat menerapkan kebijakan lepas masker.  Pemerintah akan melihat enam bulan ke depan selama masa transisi ini.

“Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker, ndak. Ini masih masa transisi. Kira-kira enam bulan kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker,. Kalau di dalam ruangan masih pakai masker,” jelasnya.(FIN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: