Industri Seni Dinilai Dapat Mendorong Bengkulu Maju

Industri Seni Dinilai Dapat Mendorong Bengkulu Maju

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Keberadaan industri seni dinilai dapat memberikan dorongan dalam mewujudkan Provinsi Bengkulu semakin maju dan berkembang. Demikian disampaikan Anggota DPD RI, H. Ahmad Kanedi, SH, MH saat menghadiri kegiatan Belunggu Anak Mudo dengan tema Menuju Bengkulu Maju.

"Bengkulu ini cukup banyak para penggiat seni ataupun pelaku seni. Tentu saja keberadaan mereka, sangat berpotensi untuk mewujudkan industri seni. Apalagi sebagain dari penggiat dan pelaku seni tersebut memiliki semangat yang tinggi dalam bidang seni. Tentu saja ini juga suatu dukungan untuk industri seni," ungkap pria yang akrab disapa Bang Ken itu kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Menurutnya, ketika industri seni ini terwujud, pasti bisa berdampak terhadap sektor pembangunan di Provinsi Bengkulu. Namun dalam perjalanannya tetap harus berkolaborasi dengan sektor lain. "Karena bagaimanapun juga daerah kita ini kaya akan seni budaya, dan lagi-lagi itu merupakan modal awal membangun industri seni."

Meskipun demikian, lanjutnya, untuk membangun industri seni dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Terutama pemerintah daerah (Pemda). "Jangan sampai nanti setelah industri terbangun, malah menjadi stagnan. Karena industri ini harus dikolaborasikan. Misal seperti sektor pariwisata ataupun lainnya."

Sementara Ketua Asosiasi Seniman Bengkulu (ASB), Feri Van Dalis menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan pihaknya yang bekerjasama dengan sejumlah komunitas Bengkulu bertujuan untuk memunculkan minat seni bagi masyarakat. "Sejauh ini animo masyarakat cukup tinggi, dan harapan membangun industri seni bisa saja diwujudkan," singkatnya. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: