BPBD dan DLH Kepahiang Simulasi  dan Hindari Bencana Alam, Kemacetan

BPBD dan DLH Kepahiang Simulasi   dan Hindari Bencana Alam, Kemacetan

radarbengkuluonline.com,KEPAHIANG - Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepahiang menggelar sosialisasi dan edukasi penanggulangan bencana. Kegiatan sosialisasi tersebut di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Robani yang terletak di Kecamatan Kepahiang, dengan melibatkan seluruh siswa yang ada di sekolah tersebut.

Kadis BPBD Kabupaten Kepahiang, Taufik mengatakan, tujuan kegiatan sosialisasi dan edukasi penanggulangan bencana tersebut dalam rangka untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi pontensi bencana khususnya gempa bumi.

“Kenapa kita berikan edukasi tentang gempa bumi? Karena, di Kabupaten Kepahiang memiliki potensi jalur gempa. Disisi lain, bencana gempa bumi tidak memiliki peringatan atau tidak bisa terdeteksi,” ujar Taufik.

Dalam kegiatan edukasi tersebut, siswa diberikan sosialisasi serta simulasi tentang apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi. Misalnya, gempa bumi tiba-tiba terjadi saat berada di sekolah apa yang harus dilakukan. Seperti berlindung di bawah kolong meja serta melindungi kepala dan berlindung ke titik yang aman.

Selain kegiatan sosialisasi dan edukasi, dalam kesempatan itu BPBD Kabupaten Kepahiang juga membantu pihak Satlantas Polres Kepahiang, beserta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kepahiang, melakukan pemangkasan dahan pohon besar yang menutupi jalur lintas Kepahiang-Pagar Alam, yang sering patah dan roboh.

"Terlebih lagi saat berjalan malam hari, ranting pepohonan ini akan sangat mengganggu pandangan. Semua yang kami lakukan untuk kepentingan keselamatan kendaraan yang melintas jelang lebaran. Apa lagi saat ini sedang musim hujan. Sampah harus dibuang pada tempatnya agar tidak memicu terjadinya kebanjiran.” (crv).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: