Hernawan: Program Bantuan Bibit Segera Didistribusikan

Hernawan: Program Bantuan Bibit Segera Didistribusikan

radarbengkuluonline.com,KEPAHIANG - Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Pertanian Kepahiang tahun 2022 ini akan mendapat support bantuan dari pemerintah pusat untuk mengembangkan program pertanian bagi masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP menyebutkan, pihaknya dipercaya untuk mendapat tugas pembantuan secara mandiri khusus bidang hortikultura. Yakni komoditas jeruk 30 Ha, alpukat 30 Ha, kelengkeng 20 Ha, cabai 40 Ha, jahe 20 Ha, bawang merah 20 Ha dan bawang putih 30 Ha.

Tak hanya itu, Dinas Pertanian mendapatkan penghargaan pengelolaan keuangan Tp mandiri tahun 2021. Dari penghargaan tersebut menurut Hernawan, Kabupaten Kepahiang masih dianggarkan untuk mendapatkan Tp mandiri dari Kementerian Pertanian khusus bidang hortikultura. Artinya, dari berbagai benih sayuran dan buah-buahan tersebut dialokasikan oleh pemerintah pusat yakni melalui APBN. “Ya, alokasi anggaran Tp mandiri ini khusus hortikultura. Seperti sayuran dan buah-buahan. Ini akan segera didistribusikan pada kelompok petani penerima melalui survey CPCL,” jelasnya.

Bahkan lanjutnya, Kementerian Pertanian menyarankan agar dibuatnya kawasan khusus hortikultura. Seperti kawasan cabai, kawasan bawang dan jahe. Dengan demikian, Dinas Pertanian menyiapkan kawasan tersebut seluas 15 Ha. Sementara komoditas lain seperti sektor perkebunan, tak luput dari upaya pihaknya mengusulkan beragam bantuan pada Kementerian Pertanian melalui Dirjen Perkebunan. Namun, mengenai Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2022 diusulkan untuk pembangunan jalan usaha tani, UPPO, sumur bor dan irigasi kata Hernawan masih menunggu SK resmi dari pemerintah pusat.(crv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: