Kepahiang Kembali Dapat Program Pamsimas 

Kepahiang Kembali Dapat Program Pamsimas 

radarbengkuluonline.com,KEPAHIANG - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kepahiang tahun anggaran 2022 ini kembali mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) air bersih senilai Rp 4 miliar. Anggaran tersebut sebagiannya akan dipergunakan untuk pembangunan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

Kadis PUPR Kabupaten Kepahiang, Rudi Andi Sihaloho, ST menyebutkan, anggaran yang tersedia nanti akan diperuntukan untuk membangun 5 titik Pamsimas di Kabupaten Kepahiang. Ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan air bersih yang dialami masyarakat desa.

"Dengan dibangunya program Pamsimas ini nanti bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas ditengah warga masyarakat kurang terlayani. Termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan," jelasnya.

Lanjutnya, dengan Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Keseluruhan DAK air bersih tahun ini akan dialokasikan untuk pembangunan Pamsimas. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (Sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

“Air bersih dan sanitasi yang baik di lingkungan desa adalah salah satu kunci dalam menciptakan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Masyarakat tidak mungkin jadi makmur dan sejahtera kalau tidak punya air yang bersih. Masyarakat desa dan kabupaten tidak akan sejahtera jika masih buang sampah sembarangan." (crv).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: