Besok, Tarekat Naqsabandiyah Resmi Gelar Salat Idul Fitri 

Besok, Tarekat Naqsabandiyah Resmi Gelar Salat Idul Fitri 

radarbengkuluonline.com, PADANG - Pada Minggu (1/5) jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang akan menggelar salat Idulfitri. Pelaksanaan ini lebih cepat dari penetapan pemerintah yang baru menggelar sidang isbat pada Minggu (1/5).

Sekretaris Tarekat Naqsabandiyah Padang, Edizon Revindo mengatakan jemaah Naqsabandiyah sudah selesai melaksanakan salat tarawih pada Jumat (29/04).  "Pada Minggu (1/5) kami menggelar salat Id. Nanti malam kami akan takbiran. Ini sudah kami tetapkan sejak awal Ramadan. Puasa kami juga sudah cukup 30 hari," kata dia.

Edizon menyebutkan, pelaksanaan ibadah puasa yang lebih awal dari pemerintah tersebut berdasarkan hitungan Hisab Qomariyah dalam Kitab Munjid. Salah satu poin dalam kitab itu adalah permulaan puasa dihitung lima hari setelah awal puasa pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan kita tersebut, jemaah Naqsabandiyah akan selalu berpuasa selama 30 hari.  "Jadwal ini biasanya berbeda dan lebih cepat dari penetapan pemerintah," terangnya. Pelaksanaan ini lebih cepat dari penetapan pemerintah yang baru menggelar sidang isbat pada Minggu (1/5).

Pelaksanaan salat Id akan dilaksanakan di tempat masing-masing jemaah Naqsabandiyah yang tersebar di Kota Padang dan daerah lainnya. Pusat jemaah berada di  musala Baitul Makmur, yang terletak di Kelurahan Binuang Kampung Dalam, Kecamatan Pauh, Kota Padang. "Lokasi salatnya banyak. Setiap musala yang alirannya Naqsabandiyah akan melaksanakan salat Idul Fitri," katanya.

Di Kota Padang jumlah jemaah Naqsabandiyah cukup banyak. Edizon memperkirakan jumlah jemaah Naqsabandiyah saat ini sudah mencapai 2 ribu orang.  Paling banyak ada di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Sedangkan di luar Padang berada di Kaupaten Solok dan Pesisir Selatan. (Mcr33/Jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: