Masih Ada 6 Puskesmas di Mukomuko Belum Miliki IPAL

Masih Ada 6 Puskesmas di Mukomuko Belum Miliki IPAL

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Enam dari 17 Puskesmas di Kabupaten Mukomuko sampai saat ini belum memiliki Instalansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). Hal ini dibenarkan Plt. Kadis Kesehatan setempat, Bustam Bustomo, SKM. "Dari 17 Puskesmas, 11 Puskesmas sudah ada IPAL. Enam lainnya memang belum ada IPAL," ungkap Bustam ketika dikonfirmasi radarbengkuluonline.com, Selasa (17/5).

Dijelaskannya, pembangunan IPAL untuk Puskesmas ini, sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Pihak Dinkes terus mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk pembangunan IPAL di Puskesmas - Puskesmas di daerah ini. Hanya saja, tahun ini belum ada kucuran DAK dari pusat untuk pembangunan IPAL Puskesmas. "Tapi tiap tahun terus kita usulkan. Kita terus mendorong, semua Puskesmas, baik Puskesmas Rawat Inap atau Rawat Jalan bisa memiliki IPAL," kata Bustam.

Pengelolaan Limbah Medis Pihak Ketiga

Ditambahkannya, untuk pengelolaan limbah medis yang dihasilkan 17 Puskesmas dan termasuk juga RSUD Mukomuko dikelola oleh pihak ketiga - perusahaan yang bergerak khusus bidang pengelolaan limbah medis-. Sistemnya, limbah medis dijemput di puskesmas.

"Perusahaan pengelolaan limbah medis yang sekarang kerjasama dengan kita, perusahaan dari Padang, Sumbar. Sampah medis kita diangkut ke lokasi pengelolaan mereka," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: