Luncurkan Program KUA Percontohan Ekonomi Umat

Luncurkan Program KUA Percontohan Ekonomi Umat

radarbengkuluonline.com, BENTENG – Kantor Kemenag Bengkulu Tengah melalui Seksi Bimas Islam menerjunkan Tim untuk melakukan verifikasi lapangan calon penerima bantuan pemberdayaan ekonomi umat di Kecamatan Pondok Kelapa.

Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Umat merupakan program dari KUA Percontohan Ekonomi Umat. Sebelumnya, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pondok Kelapa terpilih sebagai salah satu dari 11 KUA Percontohan Program Pemberdayaan Ekonomi Umat se-Indonesia.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Bengkulu Tengah, Dr.Rusman Saleh,M.Pd menjelaskan, program KUA Percontohan Ekonomi Umat adalah program Kementerian Agama dalam rangka pengentasan kemiskinan dan peningkatan layanan zakat dan wakaf di KUA Kecamatan.

"Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat atau UMKM yang terdampak Covid-19 agar segera bangkit dalam memajukan usahanya," jelasnya.

Diterangkan, agar bantuan pemberdayaan ekonomi umat tepat sasaran, Tim Kantor Kemenag Bengkulu Tengah bersama jajaran KUA Pondok Kelapa melakukan verifikasi lapangan.

Ditambahkan, adapun kriteria calon penerima bantuan program pemberdayaan ekonomi umat ialah yang sesuai dengan 4 golongan keluarga wiraswasta bermukim di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa sesuai Juknis dan Juklak yaitu calon pengantin atau keluarga muda, keluarga terdampak Covid-19 atau di PHK karena dampak Covid, keluarga kelompok binaan Penyuluh atau dhuafa yang memiliki usaha ekonomi dan tidak menerima bantuan dana sejenis dari lembaga lainnya.

"Ada beberapa keluarga yang telah kita data dan verifikasi. Dari hasil verifikasi inilah nantinya akan ditetapkan 10 penerima bantuan Pemberdayaan Ekonomi Umat," jelas Rusman. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: