Lulusan SMKN 4 Kota Bengkulu Mampu Terserap di Dunia Usaha

Lulusan SMKN 4 Kota Bengkulu Mampu Terserap di Dunia Usaha

radarbengkuluonline.com, BENGKULU- SMK Negeri 4 Kota Bengkulu menggelar pelepasan siswa-siswi kelas XII, Rabu (25/5). Sebanyak 234 siswa-siswi kelas XII dilepas untuk dikembalikan kepada orang tua wali murid. Prosesi pelepasan siswa-siswi yang dilaksanakan di lapangan SMKN 4 Kota Bengkulu itu berjalan lancar dan penuh rasa haru. Betapa tidak, rasa kebersamaan selama tiga tahun menjadi keluarga besar SMK Negeri 4 kota Bengkulu telah berakhir.

Selain dihadiri orang tua wali murid, Kepala SMK N 4 kota Bengkulu, dewan guru SMK Negeri 4 Kota Bengkulu, pelepasan siswa-siswi kelas XII juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, pengurus komite dan pengawas sekolah, Kepala PT Thamrin Brother Cabang Palembang serta mitra lainnya.

Kepala SMK Negeri 4 Kota Bengkulu, Dr. Paidi, M. TPd melalui Wakil Kepala Humas, Selvi, M.Pd menyampaikan hari ini pelepasan dan pengembalian 234 siswa dari 6 program keahlian yang ada di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Selain itu Kepala SMKN 4 serta seluruh dewan guru berharap kepada Siswa/siswi yang telah lulus bisa langsung berkerja maupun usaha mandiri sesuai dengan kompetensinya. " Dan hari ini juga dilakukan penandatanganan MOU dengan salah satu mitra kita, yaitu Cyber Academic terkait pembelajaran teaching factory berupa warung kopi digital sebagai program baru bagi siswa RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)."

Selanjutnya disampaikan oleh Selvi, saat ini SMKN 4 memiliki 6 program keahlian. Yaitu TPBO (Teknik Body Otomotif) TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif), TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor), NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan), TKPI (Teknik Kapal Penangkap Ikan), RPL (Rekasayasa Perangkat Lunak). Semua program ini bisa menjadi pilihan bagi calon siswa/siswi yang akan masuk SMK N 4 Kota Bengkulu.

Untuk, saat ini, katanya, semua program ini diminati oleh siswa. Tetapi yang menjadi favorit siswa adalah program keahlian TKRO (teknik kendaraan ringan otomotif) dan TBSM (teknik bisnis sepeda motor). Pelayaran pun juga tak kalah peminatnya. Karena, para lulusannya rata-rata bekerja di kapal asing luar negeri. Dan rata-rata lulusan dari SMKN 4 Kota Bengkulu itu mampu terserap dan bersinergi di dunia usaha.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada orang tua siswa, pengawas dan komite yang telah yang mensuport untuk kemajuan SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Eri juga mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh siswa yang telah lulus menjadi alumni dari SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Ia pun berpesan kepada siswa/siswi untuk tetap kompetitip dalam menghadapi situasi dan kondisi, minimal tidak lagi bergantung pada orang tua. Artinya, alumni SKM N 4 Kota Bengkulu bisa berdikari dan mandiri dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.(CW-1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: