Waspada Penyakit Musim Hujan Ditengah Pandemi

Waspada Penyakit Musim Hujan Ditengah Pandemi

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni--

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mengimbau masyarakat mewaspadai berbagai penyakit yang muncul pada musim penghujan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni. Dia mengatakan dimusim peghujan biasanya penyakit yang muncul bersumber dari nyamuk. “Penyakit yang biasa timbul saat musim hujan yaitu Demam Berdarah (DBD), Diare, Malaria, Muntaber dan Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA),” kata Herwan Antoni, Selasa (21/6).

Sebab itu, dia mengajak masyarakat senantiasa menjaga kebersihan lingkunganya dari genangan air agar jentik nyamuk tidak berkembang biak. Masih kata Herwan, menghadapi musim pancaroba pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa langkah dan bantuan untuk dibagikan ke masyarakat. Dinkes Provinsi, kata Herwan, sudah melayangkan surat imbauan di setiap Dinkes kabupaten/kota secara berjenjang. Agar menyiapkan tenaga kesehatan yang selalu siap siaga dalam menghadapi perubahan musim ini. Terlebih lagi pandemi Covid -19 saat ini belum berakhir, tidak menutup kemungkinan akibat kekebalan tubuh menurun virus covid dapat dengan cepat menular ke tubuh.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat terus menerapkan prokes, terutama memakai masker, mencuci tangan hingga menerapkan pola hidup sehat. Penyaluran vaksinasi terutama tahap ke tiga pun terus digancarkan. “Jajaran Kesehatan harus bersiap kemungkinan yang terjadi disebabkan fenomena alam cuaca yang sangat buruk ini, serta munculnya penyakit-penyakit karena perubahan cuaca,” sampainya. (bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: