Sudah Ada Tanda-Tanda Air PDAM MM Bakal Ngalir Lagi

Sudah Ada Tanda-Tanda Air   PDAM MM Bakal Ngalir Lagi

Penandatanganan Berita Acara Pelantikan Direktur PDAM Tirta Selagan Mukomuko-SENO-

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Setelah lama kering, beberapa bulan lalu pelanggan PDAM Tirta Selagan Mukomuko sempat menikmati air PDAM mengalir sampai ke rumah masing-masing. Tapi sayang, beberapa pekan lalu, aliran air PDAM kembali kering.

BACA JUGA: Bertahun- Tahun Jalan Rusak, Warga Ilir Talo Banyak Terguling

Usut punya usut, penyebabnya adalah terjadi kerusakan pipa induk di hulu sungai Selagan, Kecamatan Selagan Raya. Hal ini diungkapkan Direktur PDAM Tirta Selagan Mukomuko, Sondri Kasnaldi yang baru dilantik oleh Bupati Mukomuko empat hari yang lalu.

BACA JUGA:Surat Edaran Menteri ESDM Sulitkan Kondisi Sopir

"Iya, memang air PDAM macet. Ada kerusakan di pipa induk di hulu Sungai Selagan. Kerusakan itu sebelum saya dilantik," ujarnya saat dikonfirmasi RADARBENGKULU.DISWAY.ID Kamis (14/7).

Ia mengatakan, kerusakan pipa induk itu sudah ditangani oleh tim dari PDAM Tirta Selagan, walaupun notabene itu wewenang Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu. Kondisi saat ini air sudah mengalir sampai ke Desa Pondok Batu.

BACA JUGA:Fachriza Jadi Penjabat Sekda Provinsi, Ini Pesan Gubernur

"Penanganan pipa induk yang rusak itu sudah dimulai waktu Direktur masih dijabat Plt. Tapi kemarin saya sudah cek langsung ke lokasi. Alhamdulillah, sudah berfungsi. Air sudah sampai Pondok Batu. Tapi tekanannya belum normal," kata Sondri.

Jika tidak terjadi kendala lagi, ia memperkirakan, dalam dua hari kedepan air PDAM akan mengalir kembali ke rumah-rumah pelanggan di wilayah Kota Mukomuko.

Ia menjelaskan, jika sempat terjadi kering akibat putus pipa induk, maka dibutuhkan waktu setidaknya kurang lebih 7 hari menunggu air mengalir dari pipa di hulu sungai hingga sampai ke Kota Mukomuko.

"Karena jarak sumber air di hulu sampai ke kota ini memang cukup jauh. Sekitar 60 kilometer. Makanya, estimasi kita dua hari kedepan air PDAM sudah mengalir ke rumah pelanggan," bebernya.

Pihak PDAM saat ini masih menunggu tekanan air kembali normal. Sembari itu, tim akan melakukan pengecekan dan perbaikan jaringan pipa yang sudah ada.

"Intinya itu, kita upayakan secepatnya air PDAM ini mengalir ke rumah-rumah. Secara bertahap kita upayakan perbaikan seluruhnya," pungkas Sondri. (sam)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: