Bengkulu Utara Tuan Rumah Unar Berbasis CAT

Bengkulu Utara Tuan Rumah Unar Berbasis CAT

Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Bengkulu melaksanakan kegiatan Ujian Negara Amatir Radio -Berlian-

 

ARGA MAKMUR, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Bengkulu melaksanakan kegiatan Ujian Negara Amatir Radio (Unar) berbasis Computer Assisted Test (CAT) Non Regular di Lab Komputer SMPN 01 BU, Minggu (17/07/2022). Acara ini diikuti oleh 30 orang. Ini terdiri dari tingkat siaga 24 orang dan tingkat penggalang 6 orang .

BACA JUGA:Polisi Seluma Temukan Tanaman Ganja di Kebun Sawit

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Utara, Suryadi, S.STP. M. DI menyampaikan bahwa Amatir Radio perlu mendapat perhatian dan diperkuat keberadaannya. Baik teknologi yang digunakan maupun standar komunikasinya. 

Selain dapat difungsikan sebagai cadangan telekomunikasi nasional, keberadaan amatir radio yang tersebar juga sangat berguna ketika provider yang digunakan masyarakat mengalami gangguan ketika terjadi bencana alam.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (4)

“Perlu kita ketahui bersama bahwa amatir radio membutuhkan perhatian khusus, baik teknologi maupun standar komunikasi yang digunakan, sehingga nantinya dapat difungsikan sebagai cadangan telekomunikasi nasional ketika terjadi bencana alam yang membuat pemadaman listrik, sehingga terjadi gangguan terhadap provider yang digunakan oleh masyarakat,” jelas Suryadi, S. STP. M. Si.

BACA JUGA:Pelaku Pencurian di ATM Diringkus Polsek Gading Cempaka

Sementara itu, Kepala Balmon Rahmat Budiharto, SE, M.Si diwakili oleh M.Azhari, SH, MH menambahkan bahwa pelaksanaan non regular dilakukan 2 kali dalam setahun. Sedangkan regular dilakukan setiap bulan di Kantor Balmon. Hal ini memilik manfaat sebagai ujung tombak komunikasi bila terjadi bencana alam, maka yang menjadi andalan untuk menyampaikan informasi yaitu amatir radio. Ini dikarenakan provider akan mengalami permasalahan saat terjadi pemadaman listrik.

BACA JUGA: Sekda Provinsi Bengkulu : Kita Sosialisasikan Dahulu Aplikasi Pertamina Itu

“Pelaksanaan non regular yang dilakukan di Kabupaten Lebong dan di Kabupaten Bengkulu Utara, sedangkan pelaksanaan regular dilakukan setiap bulan di Kantor Balmon. Kegiatan ini memiliki manfaat sebagai ujung tombak komunikasi bila terjadi bencana alam, dikarenakan pada saat terjadi bencana, listrik akan mengalami pemadaman dan terjadinya gangguan terhadap provider, sehingga yang menjadi andalan yaitu amatir radio,” jelasnya. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: