Modal Rp 800 Juta, Ini Fasilitas Rest Area Mukomuko yang Dibangun

Modal Rp 800 Juta, Ini Fasilitas   Rest Area Mukomuko yang Dibangun

Kadis Parpora Mukomuko, Agus Harvinda, ST., M.Si.-SENO-

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Modal Rp 800 juta, Pemkab Mukomuko melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) akan membangun rest area yang berlokasi di Pantai Abrasi. Tepat di sisi jalan lintas Bengkulu - Padang.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (5)

Dengan modal Rp 800 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Mukomuko. Tahun 2022 ini, ada beberapa fasilitas yang akan dibangun. Fasilitas yang akan dibangun itu tidak lain untuk menunjang fungsi dari rest area yang akan dibangun Pemkab Mukomuko.

BACA JUGA:Atlet Panahan Bengkulu Borong Medali, Raih Juara 3

Kadis Parpora Mukomuko, Agus Harvinda, ST., M.Si menuturkan, dana Rp 800 juta yang sudah dialokasikan tahun ini, akan dimanfaatkan untuk pematangan lahan. Selain itu juga akan membangun sejumlah fasilitas pendukung. Yakni, pembangunan musala, box culvert, ruang terbuka hijau (RTH), los para pedagang.

BACA JUGA:Heboh, Warga Pondok Kelapa Hanyut Diseret Ombak

Meski belum kontrak, Harvinda yakin proyek pembangunan rest area di Pantai Abrasi itu masih akan terealisasi meski menyisakan waktu normal sekitar 5 bulan lagi.

Mulanya, Disparpora Mukomuko menargetkan, bulan Juli 2022, proyek tersebut sudah berjalan. Namun sayang, pada proses lelang pekerjaan ada sedikit kendala. "Ada beberapa kelengkapan berkas kurang," ujar Harvinda menyebutkan masalahnya.

Harvinda memastikan, kekurangan berkas lelang pekerjaan itu sudah dilengkapi, dan sudah diserahkan di Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ). Pihaknya yakin, Agustus 2022 mendatang pekerjaan sudah dimulai.

"Kami lengkapi dan sudah kami masukkan ke UKPBJ sejak seminggu lalu. Artinya, sekarang tidak ada masalah lagi. Tinggal menunggu lelangnya. Kemungkinan besar, Agustus pekerjaan rest area sudah dilaksanakan," kata mantan Kadis Perindagkop-UKM Mukomuko ini.

Ditambahkannya, dalam perencanaan dibutuhkan dana sekitar Rp 4 miliar untuk membangun rest area sesuai rencana dengan banyak fasilitas. Tentu pembangunannya dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah.

"Dengan Rp 4 miliar itu, fasilitas di rest area sudah memadai. Pengunjung sudah nyaman. Tahun ini diakomodir Rp 800 juta, tidak apa-apa. Kita akan manfaatkan sebaik mungkin," tuturnya.

Sebagaimana pernah diungkapkan Harvinda, bahwa cita-cita Mukomuko memiliki rest area di Pantai Abrasi ini sudah lama ingin diwujudkan. Bahkan sejak Bupati Mukomuko pertama, Ichwan Yunus. Di masa itu, Pemkab pernah mendapat lahan seluas 2 hektar yang dilepas dari HGU PT. Agro Muko untuk lokasi pembangunan rest area.

"Dari perencanaan desain kita, 2 hektar itu kurang. Makanya kami minta tambah dengan PT. Agro Muko. Dan permintaan itu diakomodir. Sehingga total lahan bakal lokasi rest area sekarang seluas 4 hektar. Dengan panjang 400 meter dan lebar 100 meter," pungkas Harvinda. (sam) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: