Hadirkan Kobas, Dinas Perpustakaan Tergetkan Literasi Meningkat

Hadirkan Kobas, Dinas Perpustakaan Tergetkan Literasi Meningkat

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu hadirkan Kongkow Baca Santai (Kobas), untuk meningkatkan literasi masyarakat Bengkulu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M.Pd menerangkan, Kobas ini adalah bentuk pelayanan publik di Bengkulu yang berbentuk koleksi cetak dan koleksi serial.

Seperti surat kabar, majalah, dan jurnal. Koleksi tersebut dapat diakses pada saat jadwal layanan di setiap pos atau titik pelayanan Kobas.

“Kobas ini sudah diuji coba dari bulan April lalu hingga Juli 2022,” ujarnya.

Karena masih kurangnya akan akses informasi di era globalisasi ini dan kemajuan tekhnologi berkembang dengan pesat.

Keterbatasan sarana dan prasarana yang didapatkan  masyarakat akan kebutuhan informasi dan ilmu pengetahuan, membuat layanan Kobas ini harus hadir terjun langsung di tengah-tengah masyarakat yang ada di destinasi wisata, kelurahan, dan sekolah  di Kota Bengkulu.

“Layanan baca Kobas ini akan menggunakan sarana mobil perpustakaan keliling dengan tujuan mendekatkan sumber informasi bagi masyarakat,” katanya.

Layanan Kobas akan menggunakan mobil pelayanan perpustakaan keliling, karena hal ini diharapkan dapat mengurangi kesenjangan dalam mendapatkan informasi.

“Tujuan dari Kobas ini sendiri adalah untuk meratakan informasi dan bacaan kepada masyarakat.

Ini juga dapat membantu pemustaka umum Provinsi Bengkulu dalam mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat,” bebernya.

Ia juga mengatakan, Kobas ini juga hadir untuk memberi kemudahan kepada masyarakat yang gemar membaca, serta mendekatkan perpustakaan ditengah kehidupan masyarakat.

“Agar masyarakat bisa menjadikan perpustakaan sebagai rumah kedua dan pembelajaran sepanjang hayat,” tutupnya.(ae3/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: