Gencarkan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui PLM

Gencarkan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui PLM

Kegiatan Peer Learning Meeting--

BENGKULU,RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd membuka acara Peer Learning Meeting Provinsi dengan tema Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2022 bertempat di Hotel Mercure Kota Bengkulu. (Selasa, 2/8/2022).

Kepala Dinas DPK  Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M.Pd membuka Peer Learning Meeting (PLM) Provinsi Bengkulu tahun 2022 yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia secara virtual.

Guna memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas SDM unggul melalui peningkatan kemampuan literasi, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI terus mendorong gerakan literasi, dengan menggencarkan kegiatan transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang dimulai sejak 2018.

Hal tersebut dapat dilihat melalui perluasan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di 96 Perpustakaan Desa, yang berada di 9 kabupaten dan 1 Kota, termasuk di Provinsi Bengkulu.

Konsultan Program Transformasi Inklusi Sosial Perpusnas RI, Syaechu Aziz mengatakan, transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial menitikberatkan pada peningkatan kapasitas pengelola perpustakaan, agar dalam memberikan layanan mampu memahami kebutuhan masyarakat.

“Kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) ini merupakan bagian dari program prioritas nasional 2020-2024, kami ingin pengelola perpustakaan daerah berdiskusi mencari solusi dari kendala yang dialami dalam menjalankan tugas di lapangan,” kata Meri saat Membuka acra PLM.

Diwaktu yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Meri  Sasdi mengaku, pihaknya terus berupaya menjalankan amanah perpustakaan inklusi sosial di Bengkulu. “Tujuannya agar masyarakat Bengkulu bisa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru serta meningkatkan kesejahteraan,” jelasnya.

Menurut Meri, kegiatan ini merupakan wujud nyata keterlibatan DPK dalam rangka mendukung visi-misi Gubernur Bengkulu, yakni Maju, Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan.(ae3/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: