Waspada DBD, Ini Jadwal Fogging di Seluma

Waspada DBD, Ini Jadwal Fogging di Seluma

Aksi foging di rumah warga-Wawan-

 

 
SELUMA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Musim penghujan saat ini menyebabkan rawan merebaknya virus Demam Berdadah Dengue (DBD) di Kabupaten Seluma. 
 
Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia. Untuk demam berdarah ringan, maka dapat menyebabkan demam tinggi dan gejala seperti flu.
 
Sementara untuk demam berdarah yang parah, bisa menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba (syok) dan bahkan kematian. 
 
Kepala Dinas Kesehatan Rudi Syawaludin S.Sos menyampaikan untuk mencegah meluasnya penyakit DBD di Kabupaten Seluma maka dilaksanakan fogging di titik rawan DBD, pembagian bubuk ABATE ke warga dan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN). 
 
"Kepala Puskesmas diharapkan berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa dan Lurah untuk menentukan lokasi fogging dan pembagian serta penaburan bubuk ABATE", sampai Kepala Dinas Kesehatan Seluma, Rudi Syawaludin S. Sos, Jumat (26/8).
 
Kadinkes Seluma juga  mengingatkan, untuk menghindarinya masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan, melakukan pemberantasan jentik nyamuk dengan 3M Plus (mengubur, menguras dan menutup) plus hindari gigitan nyamuk. 
 
" Penyakit ini dapat dicegah dengan menghindari gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Yaitu menggunakan obat nyamuk oles (repellent), menggunakan kelambu bila tidur siang, dan usir nyamuk dengan obat nyamuk bakar/ semprot baik di dalam maupun di luar rumah pada pagi dan sore hari. Tanda atau gejala DBD yang muncul seperti bintik-bintik merah pada kulit. Selain itu suhu badan lebih dari 38OC, badan terasa lemah dan lesu, gelisah," sampainya.
 
 
Ia menambahkan, untuk penanganan penyakit menular seperti DBD sudah ada sistem informasi cepat untuk pelaporannya di lapangan dan juga tim reaksi cepat untuk menindaklanjutinya. (one)
 
 Jadwal Fogging Dinkes : 
 
1. Hari Jumat, 26 Agustus 2022 di Babatan, Riak Siabun, Cahaya Negeri dan Dermayu. 
 
2. Hari Senin, 29 Agustus di Tais, Rimbo Kedui, Puguk dan Seluma Timur. 
 
3. Hari Selasa, 30 Agustus 2022 di Air Periukan, Tumbuan, Dusun Tengah dan TalangTinggi. 
 
4. Hari Rabu, 31 Agustus 2022 di Pajar Bulan, Kembang Mumpo, Muara Maras dan Gunung Kembang. 
 
5. Hari Kamis, 1 September 2022 di Ulu Talo, Ilir Talo, Penago 2 dan Sukamerindu. 
 
6. Hari Jum'at, 2 September 2022 di Masmambang dan RGM.  
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: