Desa Rindu Hati Bengkulu Tengah Jadi Desa Wisata Eko-Digital

Desa Rindu Hati Bengkulu Tengah Jadi Desa Wisata Eko-Digital

Kepala Dinas PMD Benteng Drs.Tomi Marisi, M.Si bersama Kepala Bidang PEM Pedesaan Sandarman,S.Sos,M.Si menghadiri undangan dari Plh. Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu untuk memaparkan usulan proposal Desa Eko-Digital-Agus-

 

BENTENG, RADARBENGKULUONLINE.COM – Kepala Dinas PMD Benteng, Drs.Tomi Marisi, M.Si bersama Kepala Bidang PEM Pedesaan Sandarman,S.Sos,M.Si menghadiri undangan dari Plh. Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu untuk memaparkan usulan proposal Desa Eko-Digital, yakni Desa Wisata Rindu Hati.

Pertemuan ini juga dihadiri Dr.Ir.Hermen Malik, M.Sc pemilik dan pendiri Yayasan Akademi Peradaban Desa Dangau Datuk, Dr. Rini Indriani, S.E., M.Si., Ak., CA  Plt. Sekretaris Pengabdian LPPM Universitas Bengkulu, dan lainnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Benteng, Tomi Marisi menjelaskan bahwa Desa Rindu Hati dipilih karena Kondisi lingkungan masih asri, potensi alam yang belum banyak dikembangkan, akses yang mudah. Yakni 1 jam dari pusat kota Bengkulu, tidak jauh dari akses exit TOL maupun jalan poros provinsi, masyarakat yang ramah, dapat menerima kehadiran pariwisata, hasil riset dan pengabdian yang telah dilakukan LPPM UNIB, dan embrio sudah ada, sehingga tidak harus memulai dari nol.

"Program ini merupakan program bersama antara Pemerintah Provinsi Bengkulu, Universitas Bengkulu dan Yayasan Akademi Peradaban Desa Dangau Datuk," jelasnya.

BACA JUGA:Gorong-Gorong Tertutup Tanah, Jalan Nasional Banjir

Ditambahkan, Desa Rindu Hati, sebuah nama desa yang tersembunyi dibalik sejuta pesona permatanya. Desa Rindu Hati merupakan desa yang dinobatkan sebagai desa wisata baru yang ramai oleh wisatawan khususnya hari Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional. 

"Di desa yang terletak sekitar 33 km dari Kota Bengkulu ini terdapat setidaknya 11 objek wisata yang bisa didatangi sekaligus. Seperti wisata sungai Rindu Hati glamping, air terjun, camping ground, tubing, rock climbing, persawahan, telaga putri, batu kapal, air terjun supit, pemakaman Tuanku Gagok dan Raja Pembesar Alam, dan Rumah Besar Minang," jelasnya.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (44)

Diterangkan dia, kesimpulan dari diskusi khusus terkait kegiatan program Desa Eko-Digital di Desa Wisata Rindu hati diantaranya yaitu pengadaan jaringan internet wifi sudah direncanakan dari global cyber nusantara yang telah melakukan MOU dengan Gubernur Bengkulu terkait pengadaan jaringan internet desa di Provinsi Bengkulu, Hotmix Akses Jalan masuk menuju kawasan wisata Rindu Hati direncanakan sumber dana dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah.

Ditambahkan, hotmix jalan wisata sumber dana dari Dana Desa, pembangunan Pusat Kuliner dan Souvenir khas Rindu Hati sumber dana dari Pemerintah Provinsi, penghijauan terutama penanaman tanaman pucuk merah dan bunga tabebuya dari Dinas LHK Provinsi Bengkulu, Bank Sampah sumber dana dari CSR Bank BRI, pembangunan Jembatan Wisata Religi dan lampu solar cell sumber dana dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, dan pembangunan Homestay, produk-produk kuliner, souvenir dan kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya melibatkan warga masyarakat desa Rindu Hati. 

 

"Diharapkan nantinya hasil kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Bengkulu, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, Pemerintah Desa Rindu Hati, Yayasan Akademi Peradaban Desa Dangau Datuk, LPPM Universitas Bengkulu, pihak swasta dan warga masyarakat desa Rindu Hati serta pihak-pihak lainnya ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rencana pada usulan Proposal Desa Eko-Digital Desa Wisata Rindu Hati," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: