Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (46)

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (46)

Kendaraan ini sedang memasuki wilayah Kelurahan Kandang Mas yang banyak penduduknya orang Jawa-Azmaliar Zaros-

 

46. Kelurahan Kandang Mas

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah. Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa. Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita. Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.ONLINE.COM, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected]. Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)

 

Kandang Mas, Penduduknya Kebanyakan Orang Jawa

 

Begitu juga dengan Kelurahan Kandang Mas, daerah ini juga termasuk salah satu nama kelurahan unik di Kota Bengkulu. Kelurahan ini termasuk dalam wilayah Kampung Melayu. Kenapa daerah ini sampai dinamakan Kandang Mas? Apakah di daerah ini dahulu ada kandang terbuat dari Mas? Untuk itu, ikuti saja tulisan eksklusif Wartawan RADARBENGKULUONLINE.COM berikut ini.

 

AZMALIAR ZAROS, Kota Bengkulu

 

KELURAHAN Kandang Mas ini, kata Ketua Adat Kelurahan Kandang, Harmen Zairin merupakan bagian dari desa Kandang. Kemudian, karena adanya perubahan status desa menjadi kelurahan tahun 2002, desa Kandang  ini  dibagi menjadi 4 kelurahan. Yaitu Kelurahan Kadang, Teluk Sepang, Kandang Mas dan Sumber Jaya.

’’Kandang Mas ini sebelum jadi kelurahan, namanya Dusun Kandang Mas. Karena adanya pemekaran ini, nama dusun ini akhirnya diubah jadi nama kelurahan Kandang Mas,’’jelas Harmen yang telah menjadi Sekretaris Desa Kandang selama 18 tahun.

Asal usul dinamakan daerah Kandang Mas ini, kata bapak yang lahir di Desa Kandang tanggal 2 Juli 1961, sama degan asal usul Kelurahan Kandang. Daerah ini dinamakan Kandang  karena daerah ini dikandang dengan adat dan budaya daerah yang kuat.

Sehingga orang yang tinggal di daerah ini merasa seperti di rumah mereka sendiri. Adat budaya lain yang mau masuk ke daerah ini tidak bisa.

Contohnya, orang yang datang ke daerah ini diberikan tanah. Siapa saja yang mau tinggal di daerah ini cukup melapor ke Depati atau Kades waktu itu. Oleh kades mereka ini diberikan tanah untuk tempat tinggal. Karena, tanah waktu itu statusnya tidak bertuan.

BACA JUGA:SPBU KM 6,5 Kota Bengkulu Hentikan Sementara Penjualan Solar Bersubsidi

Setelah mereka tinggal di sini, mereka diperlakukan seperti saudara sendiri. Kalau ada kegiatan desa, mereka diajak ikut serta, warga pendatang diajak ikut menyelesaikan masalah yang dihadapi di desa itu secara bersama-sama.

Karena adanya rasa kekeluargaan yang tinggi, papar bapak yang tinggal di Jln. Rustandi  RT 1 No.64 Kelurahan Kandang ini, tidak ada terjadi keributan yang berati waktu itu. Mereka hidup rukun dan damai.

 BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (45)

Sedangkan dinamakan Kandang Mas, karena di daerah ini dahulu banyak orang Jawa. Mereka itu berasal dari berbagai provinsi di Pulau Jawa. Walaupun mereka itu asal usulnya dari Jawa, namun mereka itu sudah menyatu dengan warga setempat. Bahkan, ada pula yang sudah tidak bisa berbahasa Jawa lagi.

 

Penyebutan Kandang Mas ini adalah dari warga sendiri. Nama ini menyebar dari mulut ke mulut. Sehingga akhirnya ditetapkan sebagai nama dusun Kandang Mas.

Karena Dusun Kandang Mas ini sudah populer dimasyarakat, sehingga dalam musyawarah pembentukan kelurahan ini tahun 2001 lalu nama ini diusulkan untuk jadi nama Kelurahan Kandang Mas. Usulan ini disetujui warga dan dikukuhkan oleh pemerintah daerah.

Mantan Kepala Desa Kadang, Ali Z Arifin yang dihubungi secara terpisah mengatakan, Kandang Mas ini memang merupakan bagian dari desa Kandang sebelumnya. Daerah ini dinamakan Kandang Mas tersebut karena di daerah ini dahulu banyak orang dari Jawa.

Pemberian nama Kandang Mas itu, katanya, karena adanya pemekaran wilayah Kandang menjadi 4 kelurahan, dan juga karena adanya perubahan status desa jadi kelurahan.’’Karena desa Kandang ini wilayahnya luas dan penduduknya juga sudah banyak, maka daerah ini dibagi jadi empat kelurahan,’’jelas pensiunan Depag Kota Bengkulu tahun 2000 yang tinggal di Jln. Melinjo RT 1 RW 1  Kelurahan Kandang.


Inilah Kantor Lurah Kandang Mas-Azmaliar Zaros-

Kelurahan Kandang Mas ini termasuk luas wilayahnya. Luas 350 hektare. Mereka ini mendiami 28 Rukun Tetangga (RT) dan 7 Rukun Warga (RW).

Letaknya, sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Bumi Ayu. Sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Sumber Jaya. Sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Bumi Ayu dan Kelurahan Betungan. Sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Kandang.

Fasilitas yang ada di daerah ini antara lain , Kantor Lurah, Puskesmas induk,  sekolah dasar, mesjid, musalla, MTsN 2. Di daerah ini banyak sekali perumahan. Antara lain Perumahan BTN Sosial, Perumdam, Kirana Indah, Kandang Mas Mulia.

Penduduknya terdiri dari berbagai suku bangsa. Antara lain Bengkulu, Minang, Jawa, Palembang, Medan, Bugis, Aceh. Sedangkan mata pencahariannya juga bermacam-macam. Ada berdagang, ada PNS, buruh, nelayan, petani. Di daerah kita ini banyak warga yang tanam sawit. Ada sekitar 50 hektare lahan di daerah Kandang Mas ini yang ditanami dengan sawit (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: