Banner Perpustakaan

Jeranglah Tinggi Terbitkan Perdes Penertiban Hewan Ternak

Jeranglah Tinggi Terbitkan Perdes Penertiban  Hewan Ternak

Inilah mesin pencacah pakan ternak yang digunakan masyarakat yang diserahkan Pemerintah Desa kepada pengurus-Fahmi-

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Pemerintah Desa Jeranglah Tinggi, Bengkulu Selatan sudah menyediakan mesin pencacah pakan ternak untuk petani. Hal ini dilakukan untuk mendukung dan menjalankan program Bupati Bengkulu Selatan.

Selain itu, juga menerbitkan Peraturan Desa (Perdes) terkait penertiban hewan ternak. Hewan ternak warga  wajib dikandangakan,serta memberikan solusi kepada masyarakat agar lebih mempermudah mendapatkan pakan.

Kepala Desa Jeranglah Tinggi, Tatang Sumitra Arduna,SH menyampaiakan, berdasarkan survei dari Pemerintah Desa sekitar 65 persen penduduk mempunyai peliharaan hewan ternak selain bekerja sebagai petani. Bahkan untuk membuktikannya, pihaknya mendatangai setiap rumah.

"Untuk itu kami sudah membuatkan seperti gudang untuk pengolahan pakan ternak. Tinggal masyarakat mencari bahannya lagi.  Seperti daun sawit, jagung dibawa ke gudang pencacah secara gratis. Masyarakat hanya perlu menggunakan mesin tersebut dengan hanya membeli bensin saja.  Hasilnya nanti bisa langsung dibawa pulang untuk pakan ternak,"ungkap Tatang saat ditemui RADARBENGKULUONLINE.COM  diruang kerjanya tadi siang.

BACA JUGA: Bencana Banjir, Komisi IV Minta Respon Cepat Pemda

Kalau nantinya para peternak sudah merasa  mencari pakan tidak terlalu sulit, mudah - mudahan seluruh hewan ternak sudah bisa dikandangkan.  Tidak berkeliaran lagi. Karena, banyak sekali manfaat kalau hewan ternak ini dikandangkan.

Salah satunya, bisa menjaga ketertiban umum. Tidak merusak tanaman masyarakat yang lain. Bisa mengantisipasi penyebaran virus penyakit seperti yang saat ini terjadi Penyakit Mulut dan Kuku(PMK).

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (51)

"Semoga dengan adanya peralatan ini, mereka mudah mendapatkan pakan ternak, dengan hanya mencari bahanya saja. Bahkan untuk peternak tidak perlu lagi mencari rumput -rumputan terlalu jauh. Dengan dikandangkan ternaknya tersebut,  percepatan perkembangbiakan akan semakin membaik,"pungkas Tatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: