Sembuh Total, PMK Sempat Serang Ternak Petani Kepahiang

 Sembuh Total, PMK Sempat   Serang  Ternak Petani Kepahiang

Kadis Pertanian Kepahiang, Hernawan-Ruvi-

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak seperti sapi menjadi momok bagi para peternak. Tapi tenang, penyakit ini bisa sembuh. Di Kabupaten Kepahiang, sebanyak  puluhan ternak dinyatakan sembuh dari PMK. 

Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan, S.IP menyampaikan, di Kabupaten Kepahiang sebelumnya terdapat puluhan ekor hewan ternak diduga mengalami PMK. Namun, saat ini telah sembuh total.

"Upaya yang kita lakukan penanganan PMK di Kepahiang serius dilakukan. Ketika ada laporan dugaan PMK, tim penanganan segera melakukan berupa pengobatan, memberikan vitamin dan pembersihan kandang. Hal itu kemudian diikuti dengan pengobatan medis,"ujarnya.

Selain itu, pengobatan terhadap ternak bisa dilakukan dengan menggenjot daya tahan tubuh. Lazimnya, para peternak memberikan tambahan jamu kepada ternak. Ia mengajak para pemilik ternak sapi, kambing, domba, kerbau memperhatikan kebersihan kandang. Ia juga meminta agar pemberian pakan tambahan seperti konsentrat dilakukan.

BACA JUGA:Bukan Kaleng-Kaleng, WA Helmi Hasan Tuntaskan Masalah Warga

“Pemberian obat-obatan, membersihkan kandang dan pemberian empon-empon  serta complete feed serta pakan berkualitas, dapat mempercepat kesembuhan ternak. Dalam kurun 14 hari atau seminggu bisa sembuh,” paparnya.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (54)

Bilamana terjadi luka disekitar mulut dan tracak (sela kuku) pada hewan ternak, Disnaskewan meminta peternak segera memisahkan ternaknya. Itu dilakukan agar tidak menulari hewan lain yang berada di satu kandang. “Bila terjadi tanda-tanda, segera lapor pada petugas kesehatan hewan di Kepahiang."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: