Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (55)

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (55)

Inilah jalan menuju Kelurahan Timur Indah-Azmaliar Zaros-

 

55. Kelurahan Timur Indah

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu.
 
Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah. Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa.

Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita.

Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.ONLINE.COM, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected]. Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)

 

 

Timur Indah, Daerah Timur Nan Indah

 

Timur Indah ini juga termasuk nama yang unik. Nama yang dikukuhkan sebagai nama kelurahan di Kota Bengkulu itu masuk dalam wilayah Kecamatan Gading Cempaka. Kenapa daerah ini dinamakan Timur Indah? Bagaimana ceritanya sampai disebut Timur Indah? Daripada banyak pertanyaan, lebih baik baca saja tulisan wartawan RADARBENGKULU.ONLINE.COM berikut ini.

 

AZMALIAR ZAROS, Kota Bengkulu

 

Mantan Lurah Timur Indah, Ramlan Haryadi mengatakan bahwa daerah Timur Indah ini dahulunya masuk Desa Dusun Besar, Kecamatan Talang Empat Bengkulu Utara. Kemudian, daerah ini masuk dalam wilayah Kota Bengkulu. Karena penduduknya makin banyak, tahun 2006 lalu  Dusun Besar ini dipecah menjadi 3 kelurahan. Yaitu Kelurahan Dusun Besar, Padang Nangka dan Timur Indah.

’’Pemekaran Kelurahan Dusun Besar ini terjadi bulan Juni 2006. Sejak tahun 2006 tersebut, barulah daerah ini dinamakan Kelurahan Timur Indah,’’jelas Ramlan.

Lebih lanjut dikatakan, Kelurahan ini  memiliki luas 126 hektare.  Daerah ini memiliki 14 Rukun Tetangga (RT) dan 4 Rukun Warga (RW).

Mata pencariannya juga bermacam-macan. Ada pedagang, ada PNS, karyawan swasta, pengusaha, petani. Penduduknya juga beragam. Ada penduduk Bengkulu asli, Lembak, Serawai, Rejang Lebong,  Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sulawesi, Tionghoa keturunan.

Daerah ini juga memiliki berbagai fasilitas. Seperti Rumah Sakit DKT, SMAN 4, LPMP, Kantor Bahasa, Kantor Lurah, Pustu, TK, PAUD, SD, KUA, SMP Islam Al-Azhar.

Dikatakannnya, nama daerah ini berasal dari komplek perumahan di daerah ini. Di daerah ini dahulu ada Komplek BTN Timur Indah yang dibangun tahun 1982. 

Karena adanya pemekaran wilayah,  maka warga diminta untuk mencari nama yang cocok untuk daerah ini. Saat itu nama daerahnya belum ada. Waktu diadakan pertemuan di kantor Lurah Dusun Besar dan dihadiri tokoh masyarakat, perangkat pemerintahan, tokoh agama, Ketua Adat,  maka warga mengusulkan supaya nama daerah ini dinamakan Kelurahan Timur Indah saja. Kebetulan, komplek prumahan di daerah ini juga namanya Komplek BTN Timur Indah. Jadi, klop.


Inilah Kantor Lurah Timur Indah-Azmaliar Zaros-

Timur Indah itu artinya daerah bagian Timur yang Indah. Kebetulan daerah ini memang terlihat indah di pagi hari. Karena di daerah ini masih alami dan disini bisa melihat pemandangan gunung yang indah di pagi hari.

Karena semua sepakat daerah ini dinamakan Kelurahan Timur Indah, maka akhirnya pemerintah meresmikan daerah ini menjadi Kelurahan Timur Indah.

Sementara itu, tokoh masyarakat Timur Indah, H. Zarnubi yang dihubungi  dikediamannya mengatakan bahwa daerah ini dinamakan Timur Indah berasal dari nama komplek perumahan yang ada di daerah tersebut. Karena di daerah ini ada Komplek BTN Timur Indah, maka daerah ini dinamakan Kelurahan Timur Indah.

Timur Indah ini dahulu, katanya, awalnya merupakan perumahan BTN Seminar Anggun yang dibangun tahun 1982 sebayak 35 unit oleh pengembang. Perumahan yang dibangun dengan type 70 yang digunakan untuk PNS Pemda Provinsi Bengkulu  itu tidak ada peminatnya. Karena uang mukanya waktu itu Rp 1 juta. Waktu itu, nilai itu cukup besar.

Melihat rumah itu tak ada penghuninya hampir dua tahun, maka Pemda Provinsi Bengkulu mengambil alih untuk PNS Provinsi Bengkulu, sehingga rumah itu dihuni PNS tahun 1984. Kemudian, warga disana mengusulkan nama perumahan itu dengan nama Timur Indah. Sebab, waktu itu daerah ini belum ada namanya. 

‘’Saya termasuk orang pertama yang menghuni perumahan waktu itu,’’jelas bapak yang tinggal di Jln. Timur Indah Raya  RT 6 RW 3 Kelurahan Timur Indah . Waktu itu, dia menjabat sebagai Biro Pegawai Pemda Provinsi Bengkulu.

Setelah perumahan itu diambil alih Pemda Provinsi Bengkulu, kata pensiunan Inspektorat Provinsi Bengkuu tahun 1988 itu yang lahir di Baturaja OKU tanggal 28 November 1932 itu, maka dibangunlah rumah tumbuh sebanyak 60 rumah. Setelah itu, daerah ini semakin ramai dengan penduduk. Sekarang rumahnya semakin banyak.

Kenapa dinamakan Timur Indah? Katanya, karena daerah ini terletak di bagian timur dan daerah ini indah. ‘’Kita bisa menyaksikan keindahan alam itu di waktu pagi. Di sini kita bisa melihat bukit barisan yang indah.’’(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: