Siaga Bencana, Sinergitas Jadi Kunci Penting

 Siaga Bencana, Sinergitas Jadi Kunci Penting

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM  - Sinergitas antar instansi dinilai menjadi salah satu kunci penting, untuk memaksimalkan program kesiapsiagaan yang telah disusun dalam menghadapi bencana.

Demikian ditegaskan Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah diwawancarai usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Search and Rescue (SAR) Daerah Tahun 2022, Senin (26/9).

"Adanya paradigma megathrust di Bengkulu kita harapkan dapat tersusun program kesiapsiagaan untuk menghadapinya. Terpenting bagimana semua elemen seperti BPBD, Dinas Kominfo, PMI dan lainnya dapat bersinergi. Diantaranya pemberian informasi yang akurat," ungkap Rohidin usai Rakor bertemakan menyamakan paradigma dalam mengantisipasti megathurst di Bengkulu.

Menurutnya, Provinsi Bengkulu yang termasuk dalam daerah Ring Of Fire penting mengantisipasi terjadinya megatrust, khususnya di Pulau Enggano.

"Kita sebagai pemerintah daerah sangat mendukung penyelenggaraan Rakor yang diharapkan dapat menciptakan efektivitas dan sinergitas instansi pemerintahan dan organisasi yang ada di provinsi Bengkulu," katanya.

BACA JUGA:Ada 1.000 Durian Disiapkan per Hari untuk Acara Festival Durian

Sementara itu, Direktur Operasi dan Siaga, Brigjen TNI. (Mar) Wurjanto, M.Han mengatakan, tujuan dilaksanakannya Rakor SAR untuk memformulasikan dan merumuskan peran masing-masing instansi, dalam rencana tindak bencana dan atau musibah terutama bencana Megathrust di wilayah Bengkulu. Ini penting, mengingat wilayah Bengkulu Rawan terjadinya bencana gempa. 

BACA JUGA:Walikota Helmi Hasan Masuk Rutan Bengkulu

"Kita berharap dari rencana kontigensi yang dibuat Kantor SAR nantinya, dapat diformalisasi melalui kegiatan Rakor dengan para potensi SAR. Sehingga kita hasilkan suatu rencana kontigensi yang benar-benar dapat diterapkan menjadi suatu rencana operasi SAR apabila terjadi kecelakaan, bencana dan kondisi membahayakan," demikian Wurjanto. 

Sumber: