Kreativitas Guru Dibutuhkan Dalam Mendidik

Kreativitas Guru Dibutuhkan Dalam Mendidik

Kepala SMPN 2 Bengkulu Selatan, Olsipin,S.Pd-Fahmi-

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM -  Dengan berkembangnya suatu zaman, maka pola yang  digunakan harus berbeda. Apalagi yang akan dibentuk ini merupakan makhluk hidup, untuk itu dalam dunia pendidikan kreativitas guru dibutuhkan dalam mendidik siswa - siswinya untuk menjadikan generasi yang berkualitas dan mempunyai skil, kemampuan.

Kepala SMPN 2 Bengkulu Selatan,Olsipin,S.Pd mengatakan, untuk mengarahkan seorang siswa tidak diperlukan lagi kekerasan seperti yang dilakukan pada zamannya. Apalagi saat ini sudah ada Undang - Undang perlindungan anak yang artinya dengan keterbatasan ini, jangan sampai mengurangi cara seorang guru mendidik siswanya.

"Cipatakan dunia pendidikan ini menjadi ajang bagi siswa untuk menuntut ilmu. Jangan jadikan momok yang menakutkan karena adanya tindak kekerasan. Seorang guru bisa menggunakan metode dengan cara persuasif dengan menjadikan diri, baik itu sebagai orang tua, guru, ataupun teman sehingga membuat kedekatan antara guru dan murid,"papar Olsipin kepada RADARBENGKULUONLINE.COM  di ruang kerjannya kemarin.

Karena, untuk metode kekerasan saat ini sudah tidak berlaku. Apabila ada kesalahan siswa, lakukanlah perbaikan dengan cara membuka pola pikir siswa dengan contoh memberikan suatu gambaran mengapa siswa ini harus datang tepat waktu dan tidak terlambat sedangkan jarak tempuh tidak terlalu jauh dari rumah ke sekolah.

BACA JUGA:481 Orang Dalam Gangguan Jiwa di Bengkulu Selatan Dapat Perhatian Khusus

Seorang guru harus mampu mengetahui berbagai macam karakter siswanya, bukan malah siswanya yang memahami karakter gurunya. Kalau sudah memahami karakter siswa, maka guru akan mampu mengarahkan apa yang dimau oleh siswa dengan batasan - batasan yang tidak melanggar.

BACA JUGA:Transfer Dana Desa Daerah Capai Rp 6 Triliun Lebih

"Dengan mengarahkan siswa ke arah yang dia inginkan, kita berharap siswa - siswi yang kita keluarkan dari SMPN 2 ini mampu menjadi manusia yang berkarakter yang nantinya mampu menjadi bekal mereka menjalani masa depan yang lebih bagus. Karena yang akan membangun suatu daerah pastilah generasi selanjutnya,"pungkas Olsipin.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: