Pemkab Bengkulu Utara Sosialisasi E-Monev Renja

 Pemkab Bengkulu Utara Sosialisasi E-Monev Renja

Suasana sosialisasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Renja yang dihadiri seluruh Perwakilan OPD Bengkulu Utara-Berlian-

 

ARGA MAKMUR, RADARBENGKULUONLINE.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Bapelitbangda mengadakan Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Renja yang dihadiri seluruh Perwakilan OPD lingkup Kabupaten Bengkulu Utara. Ini diadakan bertempat di Stand Pekan Raya Bapelitbangda BU, Selasa (11/10/2022).

Disampaikan oleh Kabid PPPED Bapelitbangda BU, Rina Fitrianty ST, MT bahwa E-monev merupakan salah satu tahapan penting dalam siklus perencanaan pembangunan di daerah.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 yang mengatur tentang Evaluasi terhadap hasil rencana pembangunan daerah.

Ini mulai dari tujuan dan sasaran pada level daerah hingga program, kegiatan, dan sub kegiatan pada level Perangkat Daerah.

Tahapan ini merupakan langkah awal yang dihadiri secara intern guna penyempurnaan sistem ke depannya, secara umum. Sistem e-Monev Renja yang dikembangkan akan mengolah data yang berbasis pada dokumen perencanaan, khususnya pada target dan realisasi indikator-indikator output maupun outcome.

Sosialisasi ini diwarnai dengan diskusi yang menghasilkan beberapa masukan yang dapat ditindaklanjuti dalam menyempurnakan sistem ini sebelum akhirnya diterapkan dalam proses pembangunan di Kabupaten BU.

BACA JUGA:Gubernur Sepakat, Dewan Lanjutkan Bahas APBD 2023

“Sosialisasi ini menyampaikan bahwa aplikasi e-Monev Renja adalah sistem informasi monitoring dan evalausi pembangunan berbasis elektronik untuk memonitor dan mengevaluasi kerja dan kinerja kegiatan OPD dan Pemerintah Daerah. Evaluasi kerja didasarkan atas perkembangan pelaksanaan fisik dan serapan dana kegiatan. Sedangkan evaluasi kinerja didasarkan atas perkembangan indikator input dan output kegiatan," ucapnya.

Beliau juga menambahkan bahwa hal tersebut didasari Kabupaten Bengkulu Utara melalui Bapelitbangda untuk menginisiasi pembuatan sistem e-Monev Renja. Yaitu sebuah sistem yang dapat mempermudahkan dalam pemantauan, pengendalian, dan evaluasi proses perencanaan. Baik di level Perangkat Daerah maupun di level kabupaten.

BACA JUGA: Bupati Ajak Umat Islam Teladani Rasulullah

Sistem ini diharapkan dapat mendongkrak akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. Karena data dan informasi yang terdapat pada sistem ini nantinya akan dapat dilihat dan dinilai secara langsung oleh masyarakat. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: