Pemkab Bengkulu Utara Hadiri Rakor Bersama Mendagri

Pemkab Bengkulu Utara Hadiri Rakor Bersama Mendagri

Pemkab Bengkulu Utara Hadiri Rakor Bersama Mendagri-Berlian-

 

ARGA MAKMUR, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) secara virtual. Itu dilakukan melalui zoom meeting. Acara ini berlangsung di Ruang Rapat Setdakab BU, Senin (07/11/2022).

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan arahan atas perintah Presiden RI untuk melakukan anev inflasi setiap minggunya, guna memantau langsung pengendalian inflasi di Indonesia, tingkat inflasi akibat dari perang dunia Rusia-Ukrania berdampak besar kepada seluruh negara di dunia, Inflasi tahun ke tahun mencapai 5,71%, negara Eropa yang inflasinya terus naik, namun kabar baiknya di Indonesia inflasi kita turun secara nasional.

“Melalui arahan dari bapak Presiden RI Joko Widodo, rakor ini rutin dilakukan untuk memantau perkembangan dan berkoordinasi langsung atas pengendalian inflasi daerah di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa akibat dari perang besar Rusia- Ukraina, memberi dampak buruk terhadap seluruh negara. Yang perlu kita syukuri bahwa Indonesia berada pada posisi inflasi ringan. Yaitu, di angka 5,71%,” ucapnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa Indonesia merupakan 7 dari 10 negara dengan US$4,02 triliun sebagai ekonomi terbesar di dunia dengan pertumbuhan ekonomi di Inddonesia 5,4 menjadi 5,7 relative bagus. Inflasi relatif tertinggi ada di daerah Tanjung Selor. Yaitu 9,11%, Sumatra Barat 7,92%, Kota Parepare 7,66%, Kota Serang 7,54%, Kota Kupang 8,6 persen. Berdasarkan data yang didapat bahwa penyumbang inflasi yaitu transportasi dengan nilai inflasi 16,03% dengan andil inflasi 1,92% akibat dari kenaikan harga BBM. 

BACA JUGA:Ini Dia Inovasi Polresta Bengkulu Untuk Pembuatan SIM Bagi Disabilitas

Sementara itu, Pj Sekda BU, H. Fitriansyah, S.STP, M.Si, menyampaikan bahwa rakor ini dilakukan setiap minggu guna mengevaluasi, yang dilaksanakan oleh Kemendagri dalam rangka mengkoordinasikan penanganan inflasi perkembangannya.

BACA JUGA:SMAN 7 Kota Bengkulu Akan Gelar HUT Sekolah Ala Pekan Raya Jakarta

"Kita bersyukur dapat mengendalikan inflasi daerah kita. Kita berupaya terus menerus dengan melakukan rapat khusus yang mengundang dan berkoordinasi kepada Kepala Desa serta Camat di Kabupaten Bengkulu Utara dengan tetap menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pangan.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: