SMKN 5 Kota Bengkulu Sukses Gelar Teaching Factory

SMKN 5 Kota Bengkulu Sukses Gelar Teaching Factory

Inilah kaos sablonan hasil karya kelas XI DKV 1 (atas), brosur hasil karya kelas XI DKV 2 (bawah)-Adam-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Kota Bengkulu 17 November 2022 lalu menggelar teaching factory.

Teaching factory adalah pembelajaran berbasis produk. Dimana produk itu sendiri yang sesuai dengan kompetensi keahlian desain komunikasi visual atau produk yang sesuai dengan permintaan konsumen.

Diantaranya sablon, kaos, kartu nama, brosur, leaflet, katalog dan beberapa produk unggulan lainnya.

Kegiatan hari ini difokuskan untuk kelas XI DKV 1 jurusan desain komunikasi visual dalam pembelajaran sablon kaos dan kelas XI DKV 2 jurusan desain komunikasi visual dalam pembelajaran kartu nama dan brosur, mulai dari pembuatan desain hingga menjadi produk hasil jadi.

Kepala Sekolah SMKN 5 Kota Bengkulu, Destiana, M.Pd saat ditemui RADARBENGKULUONLINE.COM di ruang kerjanya mengatakan, untuk praktik sablon butuh waktu 6 hari.

''Praktik sablon poliplex atau sablon jersey ini dari proses mendesain lalu cutting sesuai desainnya, lalu kita lepas bahan yang tidak terpakai, sehingga berbentuk stiker. Stiker inilah yang kita tempel ke kaos dengan cara hotpress (disetrika, red). Untuk pembelajarannya membutuhkan waktu 6 hari. Sesuai jam pembelajaran," terang Destiana.

Kembali menurut Destiana, produk-produk yang dihasilkan siswa-siswi SMKN 5 ini sudah dijual dan sudah diminati. Penjualannya melalui pameran-pameran secara umum dan kegiatan-kegiatan dalam bentuk event yang lain.

Lanjut Destiana, SMKN 5 sudah bekerjasama dengan rekanan yang menjadi mitra yang saling mendukung.

''SMKN 5 sebagai sekolah pusat keunggulan (pemadanan) dari 2014 hingga kini sudah memiliki pihak rekanan, dimana kami saling mendukung. Dulu pihak rekanan hanya membantu untuk pengawasan pada saat ujian saja, namun 1 tahun ke belakang kami bersama pihak rekanan menandatangani MoU di Jakarta. Isi MoU ini pihak sekolah menyediakan tempat untuk praktik. Sedangkan pihak rekanan menyediakan peralatan pencetakan untuk ditaruh disekolah kami sekaligus menjadi guru tamu untuk pembelajaran di kelas dan peningkatan SDM disini," ujar Destiana.

BACA JUGA:Ini Dia Syarat Terbaru Naik Pesawat

Di tempat terpisah, Fajran Awali dari CV. Fajar Advertising selaku rekanan mengungkapkan tujuan mereka mencetak siswa yang siap pakai untuk terjun ke dunia usaha.

"Kita disini (SMKN 5, red) mencetak siswa-siswi yang siap pakai. Sehingga setelah mereka tamat disini, mereka bisa bekerja di percetakan atau bisa buka usaha sendiri. Bahkan, kita sudah banyak merekrut karyawan dari SMKN 5. Malah kita pernah merekomendasi dan menyalurkan tamatan sekolah ini ke teman dari percetakan lain yang sedang  membutuhkan karyawan,"  tandas Fajran.

BACA JUGA:Tim Porwanas Bengkulu Akan Beri Kado Untuk HUT Provinsi Bengkulu

Untuk diketahui, jurusan di SMKN 5 antara lain, kriya kayu, kriya tekstil, seni tari, design komunikasi visual, animasi, akutansi, tata busana dan karawitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: