Perangkat Desa Mukomuko Latihan Jurnalistik

Perangkat  Desa Mukomuko Latihan Jurnalistik

Foto bersama disela-sela kegiatan-SENO-

 

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULUONLINE.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memberikan pelatihan ilmu jurnalistik bagi puluhan aparatur desa di daerah ini. 

Kegiatan ini digelar di Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Mukomuko, pada hari Selasa (13/12/2022).  Rupanya, diadakannya pelatihan jurnalistik bagi aparatur desa oleh Diskominfo Mukomuko ini ada tujuan tertentu. 

Kadis Kominfo Mukomuko, Novria Eka Putra, S.STP dalam sambutannya mengatakan, dilakukan pelatihan jurnalistik bagi aparatur desa ini sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di pemerintahan desa. 

Terlebih lagi, lanjut Novria, pengetahuan  bidang keterbukaan informasi publik yang menjadi kewajiban pemerintah. Dimana informasi publik ini sangat erat kaitannya dengan kegiatan jurnalistik.  


Pimred Radarmukomukoonline, Ibnu Rusdi menjelaskan ilmu dasar jurnalistik kepada aparatur desa-SENO-

Ada 40 peserta yang  terdiri dari aparatur desa meliputi Sekretaris Desa (Sekdes) Kepala Urusan (Kaur) dan Kepala Seksi (Kasi) Pemdes, serta operator website desa. 

40 peserta itu berasal dari desa-desa di Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Air Dikit, Kecamatan Air Manjuto dan Kecamatan XIV Koto.

"Ini pertama kalinya dilaksanakan pelatihan jurnalistik bagi aparatur desa di Mukomuko, sejak Kabupaten Mukomuko dimekarkan," sampai Kadis Kominfo dalam sambutan sebelum membuka acara.

 

Untuk memaksimalkan penyebarluasan informasi pembangunan desa serta informasi penting lainnya, kata Kadis Kominfo, penting bagi aparatur desa memahami ilmu dasar jurnalistik.  

Dengan bekal ilmu jurnalistik yang didapat, pejabat desa bisa memilah memilih, mana informasi penting harus segera dipublikasikan. Mana yang pantas diekspos dan mana yang tidak.

"Kami ingin informasi dari desa bisa lebih optimal. Dengan bekal ilmu jurnalistik, pemdes dapat menyusun informasi yang baik secara utuh dan dapat dipahami masyarakat," papar Novria.

"Kegiatan ini juga dalam rangka menyiapkan SDM di desa dalam mewujudkan desa digital," sambung Kadis.

Pihak Diskominfo mendatangkan narasumber berkompeten untuk mengisi kegiatan ini. Yaitu Ketua PWI Mukomuko, Budi Hartono, SP mengisi materi dengan kode etik jurnalistik dan pengemasan pemberitaan. 

Kemudian, Dewan Kehormatan PWI Mukomuko, Amris mengisi materi penulisan berita, dan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Mukomuko, Weri Tri Kusumaria, SH., MH mengisi materi keterbukaan informasi publik. 

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mukomuko, Haryanto, SKM.

Kata Novria, kegiatan pelatihan jurnalistik bagi aparatur desa ini akan berlanjut di tahun berikutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: