Peserta KBN Belajar Menabuh Dholl

Peserta KBN Belajar Menabuh Dholl

Peserta Belajar Menabuh Dhol--

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Pembina Pendamping peserta KBN dari Kontingen Kwarda Jawa Tengah, Adi Imron Ismail, Minggu (18/12/2022) mengatakan berlatih memukul alat musik dholl tidak hanya dilihat namun harus juga diresapi. “Menabuh dhol harus diresapi, bagaimana teknik menabuhnya, karena kalau tidak biasa menggunakan emosi dan penjiwaan maka tidak bisa. Itu rata-rata yang sudah berpengalaman di musik atau paling tidak bisa menjaga ritme, maka akan bisa menyesuaikan,” kata Adi.

Adi sendiri yang baru pertama kali mengenal dholl, belajar menabuh alat musik dholl ini tidak begitu sulit. Karena dia sudah terbiasa memainkan alat musik rebana. “Kebetulan basic saya sering bermain alat musik rebana, jadi tinggal mengikuti, kalau tidak pernah bermain musik rebana tentu agak susah juga,” kata dia.

Adi berharap alat musik dholl bisa digabungkan dengan irama klasik dan berkolaborasi dengan lagu baru, lagu anak zaman sekarang yang diiringi musik dholl.

Ahmad Hafiz salah seorang pelatih dholl dari sanggar AM Hanafi mengatakan para peserta KBN bisa mengenal lebih banyak lagi budaya yang ada di Kota Bengkulu dan budaya-budaya yang ada di kota Bengkulu ini bisa tersebar luas. "Kami berharap para peserta KBN bisa lebih banyak lagi mengenal alat musik tradisioanal untuk menambah wawasan kebangsaan," tutup dia. (AE2/ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: