Gampang Sekali, Begini Cara Cek Aktif Atau Tidak BPJS KIS Anda

Gampang Sekali, Begini Cara Cek Aktif Atau Tidak BPJS KIS Anda

Layanan BPJS--disway.id

 

JAKARTA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Yang memegang Kartu KIS untuk peserta BPJS PBI adalah warga masyarakat yang dikategorikan warga miskin atau kurang mampu. Mereka ini secara otomatis akan menjadi peserta BPJS PBI jika sudah terdata di Dinas Sosial.  Kartu Indonesia Sehat akan didistribusikan langsung ke setiap desa atau kelurahan.

Sedangkan untuk kepesertaan PBI tersebut, itu akan selalu diperbaharui sesuai dengan hasil rekonsiliasi yang dilakukan oleh Kementerian Sosial setiap 6 bulan sekali. 

Untuk warga masyarakat yang awalnya memegang Kartu KIS yang sudah dikategorikan sebagai warga mampu, maka Kartu PBI akan dinonaktifkan dan peserta harus daftar menjadi Peserta BPJS Mandiri. 

Sedangkan bagi warga yang kebetulan sudah lama menjadi pemegang Kartu PBI Gratis dari pemerintah,  maka sebaiknya warga selalu melakukan pengecekan aktif tidaknya kartu KIS warga sebelum digunakan kembali.

Kenapa? Karena, itu bisa saja Kartu warga sudah dinonaktifkan tanpa sepengetahuan, karena warga sudah dikategorikan sebagai warga mampu. 

Nah, kalau kartunya sudah non aktif, artinya warga harus melakukan perubahan kepesertaan menjadi Peserta BPJS Mandiri atau Peserta BPJS Kesehatan Perusahaan. 

Lantas bagaimana cara cek Kartu Indonesia Sehat, Aktif atau Tidak? 

Berikut Cara Cek Keaktifan Kartu Indonesia Sehat atau KIS Aktif seperti dikutip dari disway.id: 

1. Melalui SMS Gateway. Cara mengecek status Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat atau KIS: KETIK NOKANOMOR KARTU INDONESIA SEHAT WARGA DAN KIRIM KE NOMOR 087775500400 atau bisa juga dengan pilihan KETIK NIKNOMOR INDUK KEPENDUDUKAN ATAU NOMOR KTP DAN KIRIM KE NOMOR 087775500400.

SMS Gateway diatas bisa anda contoh walaupun terkadang tidak bisa berjalan mungkin karena terlalu padat. Jika SMS Gateway tidak berjalan warga bisa menggunakan alternatif lain. 

 

2. Melalui Aplikasi Android Mobile JKN. Silahkan buka Playstore dan download aplikasi Mobile JKN. Kemudian pasang di HP Android anda, lalu silahkan LOGIN di aplikasi Mobile JKN selain warga bisa mendapatkan informasi aktif tidaknya kartu KIS warga.

Warga juga bisa melakukan perubahan Faskes Tingkat 1 dan melihat informasi lainnya terkait data kepesertaan.  

3. Care Center BPJS di Nomor Telepon 1500400. Caranya langsung saja lakukan panggilan, kemudian utarakan perihal maksud anda. Misalnya ingin mengetahui status kepesertaan aktif tidaknya Kartu Indonesia Sehat warga dengan Nomor sekian. 

Untuk diketahui, Care Center BPJS bukan hanya bisa digunakan untuk mengecek status kepesertaan aktif tidaknya kartu warga, namun juga bisa digunakan mendapatkan informasi lainnya yang berkaitan dengan Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat. Seperti keluhan ingin mendapatkan informasi tertentu dan lain sebagainya. 

4. Datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Ini merupakan cara terakhir yang bisa warga gunakan yaitu mendatangi Kantor BPJS Kesehatan. Lalu tanyakan kepada Petugas BPJS mengenai status aktif tidaknya Kartu Indonesia Sehat milik warga. Gampang kan!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: