Sangat Istimewa, Persembahyangan Hari Raya Galungan di Arga Makmur Khidmat

Sangat Istimewa, Persembahyangan Hari Raya Galungan di Arga Makmur  Khidmat

Suasana persembahyangan Hari Raya Galungan di Arga Makmur-Berlian-

 

ARGA MAKMUR, RADARBENGKULUONLINE.COM - Seluruh umat Hindu pada hari ini, Rabu (04/01/2022) merayakan hari Raya Galungan. Bukan hanya di Bali saja, namun kemeriahan suasana hari Raya Galungan juga dapat dirasakan di Desa Rama Agung, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara. 

Hari Raya Galungan Umat Hindu di Kecamatan Kota Arga Makmur berlangsung di Pura Dharma Yatra Desa Rama Agung. Umat Hindu yang  ada di desa tersebut berbondong-bondong memadati pure untuk melakukan persembahyangan bersama. Saat persembahyangan berlangsung, umat Hindu tampak sangat khusyuk melakukan rangkaian ibadah. 

Ketua Banjar Adat Dharma Santi Desa Rama Agung, Gede Rumania menjelaskan,  hari Raya Galungan merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Hindu. Karena Galungan merupakan hari kemenangan. 

BACA JUGA:Tidak Pakai Lama Ya, Mixue Ice Cream & Tea Akan Hadir di Bengkulu, Murah Kok Untuk Kamu

"Kemenangan Dharma atau kebaikan melawan Adharma atau keburukan,  dimana kemenangan kebenaran lewat restu dari Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa," ucap Ketua Banjar. 

Sementara itu, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sebelum persembahyangan dimulai, Pura Dharma Yatra menyuguhkan penampilan anak-anak yang menarikan tarian rejang dewa. 

Tarian ini secara khusus ditampilkan sebelum berlangsungnya suatu  upacara adat atau kegiatan keagamaan umat Hindu. 

BACA JUGA:Ini Harus Diclearkan, Honor Guru P3K Tidak Merata, Dewan Kritisi Kerja Dikbud Provinsi Bengkulu

"Sebagai salah satu warisan budaya, tarian ini juga dipercaya memiliki nilai-nilai penting di dalamnya, khususnya makna spiritual, sehingga juga dipercaya sebagai tarian yang suci," tuturnya.  

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: