Mekar Mulya Tetapkan Program Pembangunan Tahun 2023

Mekar Mulya Tetapkan Program Pembangunan Tahun 2023

Kades Mekar Mulya, Adi Sutikno-Seno-

 

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULUONLINE.COM - Desa Mekar Mulya, Kecamatan Penarik telah menetapkan program pembangunan tahun 2023 melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) pada akhir 2022 lalu di aula desa setempat.

Musyawarah yang dihadiri Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, serta unsur-unsur lembaga masyarakat, telah menyepakati program pembangunan desa tahun 2023 mendatang.

Adapun program yang bakal dijalankan yakni membangun rabat beton di 3 titik dengan total sepanjang 330 meter. Selain itu, untuk program ketahanan pangan, yang alokasinya 20 persen dari Dana Desa, akan membatu pengembangan ternak sapi dan kambing.

"Untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) yang sasarannya telah ditentukan aturan, desa kami mengalokasikan batas minimal, yakni 10 persen dari DD," jelas Kades Mekar Mulya, Adi Sutikno kepada RADARBENGKULUONLINE.COM kemarin.

BACA JUGA:Tidak Pakai Lama Ya, Mixue Ice Cream & Tea Akan Hadir di Bengkulu, Murah Kok Untuk Kamu

BACA JUGA:Inilah Riwayat Selingkar Tanah Bengkulu Tempo Dulu (26), Buat Jalan dari Bangkahulu ke Palembang

"Musrenbangdes, sudah kami laksanakan Kamis (29/12/2022) lalu. Dan sudah ada kesepakatan," imbuh Kades.

Dirincikan Kades, untuk pembangunan fisik berupa rabat beton, pertama di Dusun I sepanjang 100 meter dengan anggaran Rp 132, 3 juta. Kemudian rabat beton di Dusun II RT 8 sepanjang 150 meter dengan alokasi dana Rp 188,4 juta, dan rabat beton Dusun II RT 6 sepanjang 80 meter anggaran Rp 115,3 juta.

"Dana ketahanan pangan sebesar Rp 166,3 juta. Dan untuk BLT-DD dialokasikan sebesar Rp 83,4 juta. Namun untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 16 keluarga," demikian Adi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: