4 Calon KPU Dipastikan Gagal

4 Calon KPU Dipastikan Gagal

Timsel 2 berserta penguji psikotes dari Mabes TNI Foto Bersama sebelum Psikotes di mulai-Windi Junius-

 
RADARBENGKULU - Sekita 6 jam para peserta calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) 7 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Bengkulu mengikuti Psikotes yang di uji langsung oleh Mabes TNI di Aula Hotel Grage Hotel Bengkulu.


Psikotes ini diselenggarakan mulai Sabtu - Minggu (1-2/4). Untuk jadwal kegiatan psikotes pada hari pertama di ikut oleh Timsel 1 yang meliputi Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Bengkulu Utara.

BACA JUGA:Munadi Herlambang : Jasa Raharja dan Universitas Halu Oleo Dorong Generasi Muda Terlibat Aktif


Kemudian pada hari kedua psikotes diikuti oleh wilayah Timsel 2 yakni, Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Seluma. Untuk pelaksanaan psikotes pada hari pertama diketahui semua peserta dinyatakan semua hadir sedangkan untuk hari Kedua satu orang tidak hadir dari calon anggota KPU Kota Bengkulu.


Sedangkan sebelum pada CAT ada tiga orangnya tidak hadir yakni dari, Kabupaten Lebong, Rejang Lebong dan Bengkulu Utara.

BACA JUGA: Agak Aneh, Angkutan Batu Bara Kembali Mengular Sampai di Simpang Kandis


Ketua Tim seleksi (Timsel) Bengkulu 2  Wanhar  mengatakan, untuk peserta mengerjakan psikotes selama sekitar 6 jam, sedangkan untuk pelaksanaan tes psikologi dilakukan oleh tim psikologi dari Mabes TNI yang ditunjuk langsung oleh KPU RI.


"Dari Mabes TNI yang melakukan tes psikologi karena mereka ditunjuk langsung KPU RI. Untuk peserta kalau kita lihat sekitar 6 jam mengikuti psikotesnya.” ujarnya.

BACA JUGA:Buka Posko Pengaduan THR, Disnakertrans Provinsi Bengkulu Sidak ke Perusahaan


Lanjutnya, untuk kehadiran para peserta ada satu orang dari Calon KPU Kota Bengkulu yang tidak hadir, maka dipastikan hasil penilaian tidak keluar.


Kemudian ia menjelaskan, setelah selesai menjalani tes psikologi hasilnya menunggu tim Mabes TNI menyerahkan ke KPU RI. Kemudian baru KPU RI menyerahkan ke Timsel untuk proses perekapan nilai dan sinkronisasi dengan rekomendasi hasil tes psikologi.

BACA JUGA:Biasa, 6 Kepala Madrasah dan Kepala TU MAN IC Dilantik


“Ada satu orang yang tidak hadir. Untuk penilaian itu nanti Hasil tes tertulis CAT dan psikologi disinkronisasi, karena hasil yang diberikan tim Mabes TNI direkomendasikan atau tidak direkomendasikan, atau dipertimbangkan,” jelasnya.


Menurutnya, tes psikologi bertujuan agar calon komisioner nantinya memiliki mental yang kuat dalam menghadapi tantangan dan persoalan kerja kedepan saat bertugas.


“Tes yang dilakukan bukan hanya sebatas uji kemampuan akademik dan pengetahuan kepemiluan saja tetapi juga mental,” jelas dia.

BACA JUGA:Warga Desa Bengkulu Tengah Temukan 2 Jenazah Warga Salam Harjo di Sungai


Ketua Timsel Bengkulu 1 Drs. Syaiful Anuar Haroen. MM, mengatakan untuk pengumuman 20 besar sesuai dengan tahapan pada tanggal 6-7 april. Setelah itu pada tanggal 9-12 masa tanggapan masyarakat. "Untuk pengumuman antara tanggal 6 atau 7, mari kita sama-sama tunggu," katanya.

BACA JUGA:Sekda Hamka Sebut Isu Gempa jadi Penghambat Investasi di Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id