BPOM Periksa 823 sampel Makanan Berbuka Puasa, Dikelurahan Surabaya dan Pagar Dewa

BPOM Periksa 823 sampel Makanan Berbuka Puasa, Dikelurahan Surabaya dan Pagar Dewa

BPOM Periksa sample makanan berbuka puasa yang dijual dipasar-Windi Junius-

 

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Bengkulu bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) Bengkulu menggelar pemeriksaan terhadap penjualan makanan berbuka puasa. 

 

 

Pelaksanaan pemeriksaan dilakukan terhadap para pelaku UMKM di dua pasar di Kota Bengkulu yakni Kelurahan Surabaya dan Kelurahan Pagar Dewa, Senin (17/4) .

BACA JUGA:Selamat! Dinas Pariwisata Juara Pertama Lomba Cerdas Cermat Islami Antar OPD

 

 

Kepala BPOM Bengkulu, Yogi Abaso Mataram mengatakan upaya intensifikasi pengawasan pangan selama Bulan Ramadan, memastikan makanan berbuka puasa aman dikonsumsi oleh masyarakat. 

 

 

Pemeriksaan dilakukan di tujuh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu dengan pusat sasaran pasar makanan berbuka puasa yang dijual di pinggir jalan dan memiliki warna mencolok, cerah meriah yang jadi incaran pembeli. 

BACA JUGA:Polres Bengkulu Utara Siap Amankan Idul Fitri 2023

 

 

Yogi menyebutkan sebanyak 823 sampel makanan yang diperiksa, tidak satupun mengandung bahan kimia berbahaya sehingga masyarakat tak perlu khawatir mengonsumsinya.

 

 

"Pemeriksaan kami lakukan terhadap makanan yang memang dicurigai mengandung bahan berbahaya, namun setelah dilakukan pemeriksaan, Alhamdulillah semuanya aman," kata dia.

BACA JUGA:Tugu Simpang Enam Tais dan Depan Bank Bengkulu jadi Pospam Pengamanan Arus Mudik

 

 

Pada pemeriksaan akhir, BPOM turut melibatkan Pramuka untuk ikut menyampling, menguji, dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya makanan higienis.

 

 

Yogi berharap Pramuka dapat turut serta berkontribusi nyata mencerdaskan masyarakat. Selain itu, calon anggota SAKA POM yang telah dilatih diharapkan memiliki sikap yang baik, memiliki cara berpikir yang berdaya guna dan dapat berkontribusi dalam mencegah pelanggaran di bidang obat dan makanan.

BACA JUGA:Sedang Disiapkan Festival Gunung Api di Seluma, Warga Sarankan Masak Lemang dan Tapai Sekalian

 

 

"BPOM Bengkulu akan turut membentuk satuan karya atau SAKA POM. Rekan-rekan Pramuka yang kami libatkan saat ini akan memiliki kemampuan dalam memilih makanan dan minuman yang aman, serta menjadi perpanjangan tangan BPOM Bengkulu untuk mengedukasi masyarakat luas," tutup Yogi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: