480 Tim Kesehatan Diterjunkan untuk Menjaga Keselamatan Pemudik

480 Tim Kesehatan Diterjunkan untuk  Menjaga Keselamatan Pemudik

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni--

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID -  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, mengatakan ada sekitar 50 Posko Keamanan disiapkan di  jalur mudik pada hari raya Idul Fitri 2023 kali ini.

 

 

 

Disetiap Pos keamanan tersebut juga akan ada tim kesehatan, sehingga sekitar 480 tim kesehatan yang akan membantu di pos keamanan mudik. 

 

 

 

" Sekitar ada 50 pos kemudian nanti tenaga kesehatan yang di kerahkan sekitar 480 tenaga kesehatan tediri dari dokter perawat kemudian juga bidan dan tenaga kesehatan yang lain," kata Herwan Antoni.

 

 

 

Ditambahkannya, diutamakan untuk fasilitas kesehatan di posko yang berada di wilayah wisata, karena bisa dipastikan kunjungan di tempat wisata akan melonjak sehingga harus dipastikan untuk pelayanan kesehatannya. 

 

 

 

"terutama tenaga kesehatan ini akan di tugasan di posko yang berada di daerah wisata," ujarnya

BACA JUGA:Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tarik Undian THR

 

 

 

Lebih lanjut Herwan Antoni menyatakan, untuk di setiap Kabupaten akan didirikan 3 hinga 5 posko untuk di tempat wisata. Kemudian ada  211 tenaga kesehatan yang selalu ada,  baik  dari puskesmas atau rumah sakit. 

 

 

 

"Nanti tim cepat siaga akan langsung merespon jika ada laporan masyarakat. Yang berkaitan dengan gawat darurat seperti kecelakaan dan termasuk juga masyarakat kita yang perlu rujukan segera," imbuhnya 

 

 

 

Masih dikatakan Herwan Antoni, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk memastikan kesiapan posko kesehatan dan memberikan layanan kesehatan dan vaksinasi COVID-19 bagi pemudik.

 

 

 

Posko-posko kesehatan ini dilengkapi dengan tenaga medis dan obat-obatan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan yang mungkin timbul selama libur lebaran.

 

 

 

Selain itu, pihak Dinkes juga akan menyiagakan sejumlah puskesmas di jalur lintas untuk mempercepat penanganan pasien darurat.

 

 

 

“Kami juga menyiapkan sejumlah puskesmas di jalur lintas yang siap melayani pasien darurat. Kami harap dengan adanya posko kesehatan dan puskesmas yang siaga ini, masyarakat dapat lebih tenang dalam menghadapi libur Lebaran.” 

 

 

 

Menurut Herwan, langkah ini diambil untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pasien selama libur Lebaran.

BACA JUGA: Polres Bengkulu Utara Terus Eratkan Tali Silaturahmi Bersama Awak Media

 

 

 

“Biasanya selama libur lebaran, jumlah pasien meningkat drastis. Terutama pasien yang mengalami sakit perut, demam, atau batuk. Dengan adanya posko-posko kesehatan ini, kami berharap dapat mempercepat penanganan pasien.” 

 

 

 

Herwan juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama libur Lebaran. Seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan menggunakan masker.

 

 

 

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran,” ujarnya.

BACA JUGA:Pickup Dilarang Angkut Penumpang, Akan Ditindak Kalau Masih Nekat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: