Ini Dia Manfaat Program Bujik'an Dusun Gusnan Mulyadi

Ini Dia Manfaat  Program Bujik'an Dusun Gusnan Mulyadi

Gusnan Mulyadi berselfi ria bersama anak - anak generasi bangsa di lokasi pelayanan Perputakaan keliling yang berada pada kegiatan Bujik'an dusun,yang mengedukasi generasi bangsa untuk gemar membaca-Fahmi-

MANNA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Bujik'an Dusun adalah akronim dari kata dari Bupati Injiak Ngantor di Dusun.

Kalau bahasa Serawai itu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah Bupati Senang, Riang, Gembira Mengantor di Desa.

BACA JUGA: Kasihan, Warga Desa Air Umban Bertaruh Nyawa Demi Ini

 

 

 

 

Program Bujik’an Dusun ini adalah murni ide Bupati Gusnan Mulyadi sebagai upaya beliau untuk lebih dekat dengan masyarakat Desa. Dan seluruh OPD wajib berikan pelayanan pada saat itu.

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi,SE.MM mengatakan, secara berkala mengagendakan untuk menginap satu malam di desa yang telah  dipilih. Bukan hanya untuk sekadar ngobrol dan ngopi-ngopi bersama Kepala Desa dan masyarakatnya, akan tetapi lebih kepada upaya Bupati untuk berdiskusi serta mendengarkan setiap keluhan dan permasalahan yang ada di Desa tersebut.

 

 

 

 

"Setelah mendengarkan secara langsung apa yang diinginkan oleh masyarakat, kemudian kita akan mencarikan solusinya. Kegiatan Bujik'an Dusun ini juga sangat serius dilakukan murni tanpa APBD. Ini artinya program ini tidak ada dalam anggaran Pemerintah Daerah,"ujar Gusnan yang sering disapa Gundul oleh masyarakat Bengkulu Selatan iitu Minggu (14/5).

BACA JUGA:Suhu Panas, Dinkes Imbau Masyarakat Dalam Rumah Saja Dulu, Saat Ini Posisi Matahari Tegak Lurus

 

 

 

 

Saking seriusnya, tak tanggung-tanggung, Bupati juga mewajibkan setiap OPD dan jajarannya untuk turut serta bersamanya. Utamanya OPD-OPD yang bersifat memberikan layanan kepada masyarakat.

Seperti Dukcapil dengan layanan administrasi kependudukan, Dinas Kesehatan dengan pelayanan kesehatan, perpustakaan keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

BACA JUGA:Muhamad Antoni Bagikan Ilmu Ini ke Berbagai Komunitas

 

 

 

 

Bahkan bukan itu saja, masih banyak lagi. Seperti Pelayanan  PBB dan lainnya dari Badan Pendapatan Daerah, Dinas DPPKBP3A melalui pelayanan KB gratis.

Dinas Pertanian yang membagikan bibit tanaman gratis kepada masyarakat, DPMPTSP terkait dengan perizinan dan masih banyak lagi. Pokoknya, setiap OPD wajib ikut dan berperan serta di program ini.

BACA JUGA:3 Parpol Positif Tidak Usung Calon Anggota DPRD Mukomuko, Gelora dan Partai Buruh Nyaris

 

 

 

 

"Tidak hanya sampai disitu, Tim Penggerak PKK Bengkulu Selatan di bawah pimpinan Nurmalena Gusnan, istri Bupati Gusnan Mulyadi ini juga tak mau ketinggalan. Ia juga berkontribusi dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang 10 Program Pokok PKK nya. PKK juga ikut-ikutan tertular demam Bujik’an Dusun ini, karena peran serta PKK adalah sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan,"ungkapnya.

BACA JUGA:Rp 16,2 Miliar, Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nasional di Seluma Dimulai Bulan Juni 2023

 

 

 

 

Masih ada lagi, Forkopimda pun ikutan menyusul. Seperti jajaran Polres, Dandim dan Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan. Misalnya Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan, instansi ini pun ikut nimbrung di Bujik’an Dusun dengan memboyong program yang serupa “'Jaksa Masuk Dusun."

Artinya "berayak" dalam bahasa serawai berarti berkunjung, mengunjungi, jalan-jalan. Banyak  yang dilakukan para jaksa di kegiatan ini. Seperti memberikan edukasi dan informasi terkait persoalan hukum.

 

 

 

 

"Kegiatan Bujik'an dusun ini sudah kita lakukan dari tahun sebelumnya. Tepatnya,  Maret 2022 yang lalu. Ini terus berlanjut sampai dengan sekarang. Bukan tidak mungkin nantinya setiap Desa di Bengkulu Selatan ini akan dikunjungi. ''

Bahkan Buji'an dusun ini, lanjutnya, sudah banyak sekali membawa perubahan dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat. Selain menjalin silaturahmi, juga  menjalin kedekatan seorang pemimpin dengan masyarakatnya.

BACA JUGA:Lakukan Titik Nol, Pemdes Bintunan Buka Badan Jalan Sepanjang 245 Meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: