Amalan yang Diutamakan Bulan Dzulhijjah

Amalan yang Diutamakan Bulan Dzulhijjah

Ustadz. Mawardi, M.Pd.I -Adam-radarbengkulu.disway.id

Oleh: Ustadz. Mawardi, M.Pd.I .

Dosen UIN FAS, Dosen Dehasen dan Guru SMKN 2 Kota Bengkulu

 

          

Ayyuhal muslimuun hafidzakumullah,

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Kita saat ini tengah berada di awal bulan Dzulhijjah 144 H. Dengan demikian kita telah 2 bulan keluar dari madrasah Ramadan, dan kini bersiap dengan tarbiyah Allah SWT yang lain, yakni madrasah Dzulhijjah. 

 

 

Mengapa disebut madrasah Dzulhijjah? Karena pada bulan ini ada ibadah besar yang sarat dengan nilai-nilai tarbiyah.

Yaitu ibadah haji. Bagi kita yang tidak berhaji pun, kesempatan emas terbuka untuk meraih banyak keutamaan di bulan Dzulhijjah.

Pertama: Memperbanyak ibadah pada tanggal 1 Dzulhijjah sampai dengan 10 Dzulhijjah merupakan pilihan yang cerdas. Sebab, banyak hadits yang menjelaskan keutamaannya. Ibadah itu bisa berupa memperbanyak shadaqah, berdzikir, tilawah, dan amal shalih lainnya. 

 

 

Rasulullah SAW bersabda:              Tidak ada satu hari yang pada hari itu Allah membebaskan para hamba dari api neraka yang lebih banyak dibandingkan hari Arafah. (HR. Muslim)

 

 

Kedua: Salat Idul Adha

Ikhwatal iman yahdikumullah, 

Amal khusus di bulan Dzulhijjah berikutnya adalah Salat Idul Adha.  Jumhur ulama’ menjelaskan bahwa hukumnya sunnah muakkad, sebagaimana firman Allah. "Dirikanlah salat dan berqurbanlah (an nahr).” (QS. Al Kautsar: 2). 

Maksud ayat ini adalah perintah untuk melaksanakan salat Id.

 

 

Ketiga: Berqurban

Amal lainnya yang sangat istimewa dan khusus di bulan Dzulhijjah ini adalah kurban bagi kita yang mampu. Ibadah ini juga sarat dengan nilai tarbiyah. Bahkan sejarah disyariatkannya kurban pada masa Nabi Ibrahim adalah sejarah pengorbanan, ketaatan, serta proses taurits di dalam keluarga muslim. 

Adapun keutamaan kurban sebagaimana yang disebutkan dalam hadits:

 

 ''Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Kurban yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku kukunya. Sesungguhnya sebelum darah kurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima Allah. Maka tenangkanlah jiwa dengan berkurban. (HR. Tirmidzi)

 

 

 

Jemaah Salat Jumat rahimakumullah

Demikianlah amal-amal umum dan khusus selama bulan Dzulhijjah. Semoga Dzulhijjah 1444 ini semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT sehingga kita memperoleh ridha, rahmat, dan ampuan-Nya. Dengan demikian, kita bisa berharap bertemu Allah kelak di surga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id / amalan yang diutamakan bulan dzulhijjah