Bangkitkan UMKM & Wisata BI Bengkulu & Pemprov Kolaborasi, Kick Off Gernas BBI & BWI

 Bangkitkan UMKM & Wisata  BI Bengkulu & Pemprov Kolaborasi,   Kick Off Gernas BBI & BWI

Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana saat menyampaikan informasi terkait GBBI dan BWI diruang rapat besar BI Bengkulu-Adit-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu berkolaborasi dengan Pemprov membangkitkan UMKM dan wisata daerah lewat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI).

Kick Off launching GBBI dan BWI akan dihelat Kamis malam saat dihadapan ribuan orang saat malam puncak Festival Tabut 2023 malam (27/7). 

 

Lewat GBBI dan BWI Bank Indonesia menargetkan terjadinya daya ungkit, bangkit dan kompetitifnya sektor usaha UMKM dan meningkatnya kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke Bengkulu. 

Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana saat menyampaikan informasi terkait GBBI dan BWI diruang rapat besar BI Bengkulu menuturkan, BI sebagai lembaga vertikal di Bengkulu mendapatkan amanah dari kantor pusat BI untuk menyelenggarakan event nasional dalam rangka GBBI dan BWI. 

 

"Kick Off nya dilaunching pada malam puncak Tabut besanding. Secara nasional jadwal kita Bengkulu semula di bulan Oktober, namun kita koordinasi dan sepakati dengan Pemprov untuk dilaksanakan pada bulan November berbarengan dengan perayaan HUT Provinsi Bengkulu. Untuk BBWI kita dapat tema Bulan Olahraga. Ya kita sedang susun bersama pihak Pemprov terkait event olahraga apa yang bisa kita usung untuk mendatangkan wisatawan. Sementara ini diperkirakaan event tersebut seperti Bersepeda Tour The Bencoolen yang menjelajah alam Bengkulu, 'katanya.

 

Darjana juga menuturkan, untuk membangkitkan sektor UMKM  di Bengkulu dalam rangka Bangga Buatan Indonesia, BI telah menyeleksi hampir 500 produk UMKM dari Bengkulu.

"Awalnya kita secara terbuka menyeleksi UMKM. Ada 400 UMKM yang mendaftarkan. Lalu dengan berbagai kriteria yang ditetapkan 30 besar selanjut 5 besar UMKM champion akan mewakili Bengkulu ke pusat nantinya. Untuk Bengkulu UMKM nya memiliki empat sektor. Yakni Fashion, makan minum, kerajinan dan obat kimia," ujarnya. 


Siap sukseskan Kick Off launching GBBI dan BWI akan dihelat Kamis malam saat dihadapan ribuan orang saat malam puncak Festival Tabut 2023 malam (27/7). -Adit-radarbengkulu.disway.id

 

Darjana juga menuturkan, BI terus berkampanye terkait penggunaan produk lokal buatan sendiri (Indonesia). Untuk menguatkan itu juga BI dengan beragam strategi telah mendorong peningkatan kreativitas, inovasi, kualitas, kuantitas produk -produk UMKM didaerah. 

selain itu, Bank Indonesia juga mendorong digitalisasi UMKM, kemudian pemasaran destinasi wisata lewat digital.

Berkaitan dengan digitalisasi, Bank Indonesia juga gencar dengan digitalisasi sistem pembayaran. Khususnya dengan implementasi QRIS yang dapat mendorong percepatan serta pemulihan ekonomi secara nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu.disway.id