Desa Terindah di Dunia, Yuk Kunjungi, Ternyata Dekat Bengkulu

Desa Terindah di Dunia, Yuk Kunjungi, Ternyata Dekat Bengkulu

Desa wisata nagari tuo Pariangan Sumatera Barat-Ist-

 

 

 

radarbengkuluonline.com - Indonesia memiliki berbagai wilayah yang sangat luas.

Diberbagai belahan provinsi terdapat tempat wisata yang sangat indah dan tidak kalah indah dari Negara yang ada di Eropa.

Salah satunya yakni Desa Wisata Nagari Tuo Pariangan.

Kali ini kita akan menelusuri tempat wisata yang indah itu.

Dan bisa menjadi salah satu destinasi kunjungan disaat libur. 

 

Sebagai bekal Informasi bagi pembaca, maka Kami akan menyajikan informasi tentang tempat wisata yang akan kita bahas kali ini adalah desa wisata Nagari Tuo.

Informasi ini kami lansir dari link web kemenparekraf.go.id. Berdasarkan sumber ini disebutkan bahwa Desa Wisata tersebut berada di sebuah desa yang berada di lereng gunung merapi.

 

Desa Nagari Tuo Pariangan berada di daerah pergunungan dan tentu udaranya sangat sejuk serta masih alami. Desa ini berada di dataran tinggi Sumatera Barat, dengan ketinggian 800 - 1000 mdpl.

 

 

BACA JUGA:Wajib Didukung, Polres Kaur dan Desa Pengubaian Kerjasama, Buat Kampung Madu Bayangkara dan Kampung Kurma

Sepanjang mata memandang, pengunjung akan merasakan keindahan dan melihat kesuburan dari sawah yang bersusun berjenjang rapi.

 

Pemandangan indah itu akan sangat terlihat ketika pengunjung memilih view dari lereng gunung merapi hingga lembah-lembah. Bahkan, pengunjung juga bisa melihat view keindahan Danau Singkarak dari atas.

 

Penasaran mau berkunjung? ini kami berikan informasi rutenya ya. 

BACA JUGA:Unik, Tidak Pernah Kering Airnya, Nikmati Indahnya Pesona Wisata Danau Kembar Kaur

Desa Wisata Pariangan dapat ditempuh lewat jalur darat dengan kendaraan roda dua maupun empat dari kota-kota besar di Sumatera Barat.

 

Jarak 90 menit dari Bandara Internasional Minangkabau, 2 jam dari kota Padang, 90 menit dari Kota Bukittinggi dan 90 menit dari kota Payakumbuh. Itu dia jarak tempuhnya, ayo cus liburan.

Informasi tambahan bahwa Pariangan ini menurur Kementerian pariwisata ekonomi dan kreatif (Kemenparekraf) Pariangan adalah sebuah desa yang istimewa.

 

Tambo, tradisi lisan Masyarakat Minangkabau, menyebut Pariangan sebagai desa atau nagari tertua tempat nenek moyang dan peradaban mereka bermula. 

BACA JUGA:Wow! Desa Kota Agung jadi Desa Percontohan di Pulau Sumatera

Ada pepatah tua kuno yang menjadi pegangan masyarakat sekitar dan selalu dilestarikan hingga saat ini. Berikut pepatah kunonya

 

"dari mano dating titiak palito, dari telong nan Batali. Dari mano asa nenek moyang kito, dari puncak gunuang Marapi.” Pepatah itu menegaskan pula bahwa anak cucu jangan lupa dengan keberadaan asal usulnya dan wajib menjaga kelestarian dan keindahan desa tersebut.

 

Generasi penerus desa juga diminta untuk terus menjaga bukti peradaban tua yang ada di masyarakat Minangkabau yang ada di nagari tersebut, salah satunya Batu Lantak Tigo, Sawah Satampang Baniah, Kuburan panjang Datuak Tantejo Gurhano serta Lurah Indak Barayia dan masih ada lagi, pembaca yang tahu boleh melengkapi dikolom komentar. 

 

Seiring berkembangnya zaman dan bentuk kepedulian pemerintah, maka Desa nan indah yang dimiliki masyarakat Minangkabau ini terus dipromosikan ke masyarakat luas. Bahkan saat ini jika masyarakat ingin berkunjung ke desa yang indah ini, sudah sangat mudah loh. Sudah banyak paket - paket wisata yang menawarkan jasa untuk berkunjung ke desa tersebut.

Bahkan, Desa wisata Nagari Tuo Pariangan ini sudah sangat dikenal dunia, sudah banyak para turis berdatangan ke desa ini sejak Desa ini di publikasikan oleh travel budget USA di tahun 2012 lalu.

 

Didalam artikel itu disebutkan bahwa Desa Pariangan disebut sebagai salah satu desa terindah di dunia. Tidak hanya ituloh, dalam artikel World’s 16 Most Picturesque Village yang ditulis Sandra Ramani dan dipublikasikan pada 23 Februari 2012, Pariangan disandingkan dengan Shirakawa-go di Jepang, Eze di Perancis dan Niagara-on-the-lake di Kanada dan desa-desa lainnya sebagai 16 desa terindah di dunia. 

 

Nah tunggu apalagi, para tamu mancanegara saja sudah menjajal keindahan desa ini, kamu kapan? silahkan kunjungi bersama keluarga tercinta dan rasakan keindahan alam yang sangat istimewa di desa Pariangan ini. (tim redaksi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: