Lukuk Cabi, Lalapan Khas Masyarakat Kaur, Mau Coba?

Lukuk Cabi, Lalapan Khas Masyarakat Kaur, Mau Coba?

Lukuk Cabi lalapan khas masyarakat Kabupaten Kaur-Ist-

RADARBENGKULU - Salah satu jenis rumput laut yang mirip anggur laut (lukuk cabi) jadi lalapan khas masyarakat pesisir Laut Kaur. 

Kabupaten Kaur adalah daerah dengan pesisir pantai yang sangat panjang. Selain itu, pantai di Kabupaten Kaur juga terkenal dengan kekayaan hewan laut yang banyak jenisnya ditambah jenis rumput laut yang beragam. Jenis Lukuk Cabi (anggur laut) merupakan tanaman mirip seperti jenis anggur yang tumbuhnya  diatas karang dengan cara menempel.

BACA JUGA:Kenali Jenis Rumput Laut yang Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Untuk kekayaan hewan laut Kabupaten Kaur terkenal dengan gurita yang masih melimpah, dan ikan-ikan laut yang masih sangat mudah didapatkan oleh para nelayan. Namun ada yang unik di Kabupaten Kaur, salah satu rumput laut atau warga setempat biasa menyebutnya dengan nama (lukuk cabi) bisa dijadikan lalapan yang nikmat untuk teman makan dan penambah nafsu makan. Rumput laut ini berbentuk seperti telur ikan, yang memiliki rasa sedikit asin dan gurih.

BACA JUGA:Indahnya Pesona Wisata Kaur, Ada Cerita Madam Inggris Singgah dan Mandi di Pancuran

Lalapan lukuk cabi, merupakan salah satu makanan favorit warga pesisir Kabupaten Kaur. Dimana disetiap hidangan masakan biasanya, akan terdapat lalapan Lukuk Cabi sebagai pelengkapnya.Tidak hanya dijadikan lalapan, rumput laut jenis ini bisa dijadikan olahan masakan urap untuk menjadi lauk makan. Dengan ditambahkan parutan kelapa, beserta bumbu-bumbu membuat rasa rumput laut lebih nikmat lagi.

BACA JUGA:Pesona Wisata Tangga Seribu Desa Benteng Harapan Kabupaten Kaur

Dikabupaten Kaur sendiri, lukuk cabi ini masih cukup banyak ditemui. Pasalnya hampir rata-rata pesisir pantai Kabupaten Kaur, memiliki karang yang masih bagus menjadikan habitat lukuk cabi masih sangat melimpah di Kaur.

Bagi para penikmat kuliner yang sedang berkunjung ke Kabupaten Kaur, lalapan lukuk cabi bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjadi teman makan anda, rasanya yang unik, sedikit asin, teksturnya yang kenyal dijamin membuat nafsu makan akan lebih bertambah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id