Masih Percaya Mitos Tentang Pil KB dan Alat Kontrasepsi? Simak Ulasan Ini

Masih Percaya Mitos Tentang Pil KB dan Alat Kontrasepsi? Simak Ulasan Ini

mitos penggunaan pil kb dan alat kontrasepsi-Ist-

RADAR BENGKULU - Masih dalam rangka memperingati hari kontrasepsi sedunia, ada baiknya memahami mitos dan fakta seputar pil kb dan alat kontrasepsi. Sebab ternyata banyak masyarakat yang enggan mengkonsumsi atau menggunakan alat kontrasepsi karena masih percaya dengan mitos yang telah berkembang sejak lama. 

 

Artikel kali ini dilansir dari laman halodoc menyebutkan bahwa mitos yang beredar ditengah masyarakat itu berdampak keraguan dari masyarakat gunakan alat kontrasepsi yang disarankan pemerintah. 

 

Berikut sederat mitos yang berkembang ditengah masyarakat seputar pil KB:

 

- Pil KB disebut bakal menambah berat badan. Ternyata tidak ada hasil uji klinis yang menyebutkan bahwa Pil KB bisa menambah berat badan. Bahkan hasil penelitian menyebutkan tidak ada hubungan antara efek konsumsi pil KB dengan penambahan berat badan. 

 

- Mitos selanjutnya, pil KB bisa diminum sesuai kebutuhan untuk cegah kehamilan. Hal ini tentu salah, justru jika anda ingin menunda atau mencegah kehamilan harus rutin mengkonsumsi pil KB ini atau melakukan tindakan medis lainnya. 

 

- Penggunaaan jangka panjang alat kontrasepsi jadi sulit hamil?

Ini juga mitos yang berkembang ditengah masyarakat, padahal jika anda berhenti menggunakan alat kontrasepsi maka proses pembuahan akan berjalan seperti biasanya. Keberhasilan proses pembuahan pada rahim juga didukung dengan kesuburan pasangan.

 

- Jarang berhubungan bisa meminimalisir kehamilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: