Ternyata Bersepeda Bisa Menghilangkan Stres, Selamat Mencoba

Ternyata Bersepeda Bisa Menghilangkan Stres, Selamat Mencoba

manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh-Ist-

RADAR BENGKULU - Mengatasi Depresi Stres dalam bekerja atau Stres dalam menjalani keseharian, atau Stres mengerjakan tugas kuliah bisa menyebabkan kesehatan menjadi turun. Bahkan bisa membuat kalian sakit akibat Stres. Untuk mengatasinya, banyak hal yang bisa dilakukan. Hal paling sederhana bisa dilakukan dengan bersepeda. 

Dimana bersepeda bisa menjadi solusi  untuk berolahraga agar tubuh tetap prima dan sehat, terutama jantung dan syaraf bisa lebih sehat. Secara umum, ada beberapa manfaat bersepeda bagi Kesehatan, yaitu: 

1. Bisa menjadi solusi menurunkan berat badan

Dengan bersepeda yang rutin dan intensitas tinggi, dapat membantu menurunkan kadar lemak tubuh secara sehat.  Selain itu, bersepeda bisa meningkatkan metabolisme dan membentuk otot sehingga memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori.

2. Memperkuat kaki 

Olahraga bersepeda bisa meningkatkan kekuatan fisik tubuh dibagian bawah, terutama otot paha depan, bokong, paha belakang, dan betis.

3. Bersepeda dapat menurunkan kolesterol

Manfaat nersepeda dengan intensitas tinggi bisa penurunan risiko stroke atau serangan jantung.

BACA JUGA:17 Juta Orang Meninggal Akibat Penyakit Jantung, Masih Mau Abai? Ikuti Cara Mencegahnya

Salah seorang penghobi olahraga bersepeda Haris Panca mengaku stres lelah akibat tekanan pekerjaan yang dialaminya bisa hilang saat dirinya melakukan aktivitas bersepeda. 

Selain fisik menjadi lebih bugar, bersepeda juga bisa meningkatkan kesehatan mental, sehingga bisa menghilangkan stres. Dengan mengayuh sepeda tubuh bisa melepaskan keringat dan hormon yang berhubungan dengan stres. Selain itu, bersepeda juga bisa memicu pelepasan neurotransmitter yang mengurangi rasa sakit, baik fisik maupun mental. 

BACA JUGA:Perlu Dicoba, Buah Penurun Kolesterol yang Disebut Allah dalam Al-quran

Dimana stres atau depresi  itu sangat erat berhubungan dengan rendahnya tingkat neurotransmitter, seperti serotonin dan norepinefrin. 

Selain itu, bersepeda bisa melepaskan endorfin yang merupakan hormon atau zat kimia yang tubuh lepaskan oleh kelenjar pituitari. Dimana tubuh kita saat bersepeda dengan intensitas tinggi bisa melepaskan hormon sebagai respons terhadap stres atau rasa sakit serta untuk menghambat rasa sakit dan meningkatkan perasaan euforia di otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu