Suka Makan Jengkol? Kenali Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Tubuh

Suka Makan Jengkol? Kenali Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Tubuh

kenali dampak jengkol bagi kesehatan-ist-

RADAR BENGKULU - Jengkol banyak ditemukan di daerah- daerah yang ada di Indonesia, termasuk di provinsi Bengkulu.

Tidak heran lagi jika masyarakat sekitar sangat menyukai  jengkol. Walaupun baunya cukup menyengat namun tidak memungkinkan pecinta jengkol untuk tidak mengkonsumsinya. 

Selain rasanya enak, ternyata mengkonsumsi jengkol secara berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Anda perlu tahu cara mengolahnya dengan benar. Jika mengolah jengkol dengan tidak tepat akan bisa memicu timbulnya penyakit.

 

Jengkol memang dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, namun anda harus mengkonsumsi jengkol secukupnya dan tidak berlebihan.

Dikutip dari sumber alodokter, jengkol secara alami mengandung asam jengkolat apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat berpotensi gangguan ginjal atau saluran kemih. 

BACA JUGA:Bukan Direbus, Cara Bikin Sambal Jengkol Empuk Ternyata Mudah Banget

Terlalu banyak makan jengkol akan dapat menyebabkan pembentukan kristal tajam di ginjal atau saluran kemih.

Bahkan bisa mengalami keracunan jengkol atau disebut dengan kejengkolan merupakan salah satu penyebab gagal ginjal yang umum terjadi.

 

Seseorang yang mengalami kejengkolan akan menunjukkan gejala yang mirip dengan penderita batu ginjal dan batu kandung kemih, dengan gejala yang dirasakan seperti nyeri saat bunag air kecil, urine berdarah, mual, muntah, nyeri dipinggang atau bahkan susah untuk bisa buang air kecil.

 

Agar hal itu tidak terjadi yang baik anda lakukan adalah mengkonsumsi air putih  yang banyak agar kandungan asam jengkolat dapat keluar bersamaan dengan urine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu